5 Penyebab Gigi Berlubang, Hati-Hati Makanan Manis dan Asam  

Syifa Fauziah · Minggu, 03 Juli 2022 - 06:43:00 WIB
5 Penyebab Gigi Berlubang, Hati-Hati Makanan Manis dan Asam  
Penyebab Gigi Berlubang. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami masalah gigi berlubang. Penyakit ini biasa diderita oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Lantas apa sih penyebab gigi berlubang?

Banyak penyebab gigi berlubang, mulai dari terlalu sering makan makanan manis, jarang menyikat gigi, dan lain-lain. Jika dibiarkan, gigi berlubang akan semakin membesar dan menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi, hingga kehilangan gigi.

Untuk mencegah hal itu, Anda perlu menghindari penyebab dasar gigi berlubang. Apa saja yah? 

Berikut penyebab gigi berlubang dirangkum dari dari clinicablasi.com, Minggu (3/7/2022):

1. Konsumsi minuman dan makanan yang mudah menempel gigi

Konsumsi madu, kismis, sereal, roti, sirup, dan lainnya berkontribusi besar untuk menghasilkan plak gigi yang dapat merusak gigi hingga akhirnya membuat gigi berlubang. Makanan dan minuman tersebut mudah menempel di gigi tanpa disadari. Sebaiknya setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, Anda harus banyak minum air putih untuk membersihkan mulut dan gigi.

2. Konsumsi makanan manis

Penyebab gigi berlubang salah satunya makanan manis. Biasanya makanan manis seperti permen dan manisan ini dapat merusak gigi. Sebab asam dalam zat ini bertahan lebih lama di mulut dan membuat gigi menjadi rusak. Sebaiknya kurangi konsumsi gula. Dan setelah konsumsi makanan dan minuman manis segera kumur atau minum dengan air putih.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda