Punya Rambut Keriting, Begini Cara Perawatannya Agar Terlihat Cantik Alami 

Novie Fauziah · Sabtu, 06 Maret 2021 - 06:00:00 WIB
Punya Rambut Keriting, Begini Cara Perawatannya Agar Terlihat Cantik Alami 
Rambut ikal bergelombang atau keriting jadi salah satu opsi menarik perempuan dalam beberapa acara. (Foto: empire.edu)

JAKARTA, iNews.id - Rambut ikal bergelombang atau keriting jadi salah satu opsi menarik perempuan dalam beberapa acara. Sebagian kaum hawa juga percaya memiliki rambut bergelombang dapat membuat tampilan wajah terkesan seksi. 

Namun, rambut keriting juga membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan rambut lurus. Ini perlu dilakukan agar gelombang tetap terbentuk dengan sempurna. 

Dikutip dari Times of India, berikut cara merawat rambut keriting secara alami: 

1. Pilih sampo dengan yang tepat 

Sangat disarankan untuk menggunakan sampo ringan yang bebas bahan kimia beracun seperti alkohol, sulfat, dan paraben yang dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Ganti ke surfaktan ringan, formula bebas pewangi, sulfat dan bebas paraben. 

2. Perawatan pra-sampo 

Hal yang satu ini bekerja sangat baik untuk rambut keriting. Anda bisa mengoleskan masker rambut atau minyak pengkondisi pada rambut kering. Biarkan kondisioner menyerap hingga kurang lebih 15 menit agar meresap ke rambut Anda dengan baik. 

3. Tata rambut dengan temperatur sedang 

Temperatur tinggi dari alat penata rambut akan menghilangkan tekstur alami rambut Anda. Oleh karena itu batasi penggunaan penataan rambut. lalu gunakan semprotan pelindung rambut yang baik setiap kali Anda akan melakukan penataan rambut. 

4. Gunakan sisir bergigi sangat lebar 

Hal ini akan membantu menghilangkan kusut pada rambut keriting Anda. Sisir dari arah bawah ke atas untuk menghilangkan simpul jika ada. Sisir rambut dapat merusak tekstur alami rambut Anda, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya. 

5. Selalu gunakan air dingin 

Mandi dengan air hangat akan menghilangkan minyak alami dan sebum dari kulit kepala dan rambut Anda. Sementara, bilas dengan air dingin lebih baik saat Anda keramas atau mengondisikan rambut Anda.

Editor : Dyah Ayu Pamela