Segera Deteksi Dini Organ Hati jika Alami Gejala Ini, Bisa Jadi Ada Gangguan Sirosis

Vien Dimyati · Sabtu, 01 Mei 2021 - 11:26:00 WIB
Segera Deteksi Dini Organ Hati jika Alami Gejala Ini, Bisa Jadi Ada Gangguan Sirosis
Kenali gejala sirosis hati (Foto: The Right Step)

JAKARTA, iNews.id - Gangguan hati banyak disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa jadi karena infeksi virus, gaya hidup tidak sehat, dan lainnya. Maka itu, jangan sepelekan penyakit yang satu ini.

Sirosis hati atau kerusakan hati menahun karena fibrosis hati, sangat menakutkan jika dialami seseorang. Selain tidak memiliki gejala yang khas pada stadium awal, tetapi memiliki risiko kematian yang tinggi pada stadium lanjut yaitu pada stadium dekompensasi.

Satu-satunya langkah yang efektif adalah melakukan deteksi awal penyakit hati. Lalu bagaimana cara mengenali gejala sirosis dan penyebabnya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi Siloam Hospitals Asri, Agus Sudiro mengatakan, sirosis hati secara perlahan akan mengakibatkan menurunnya fungsi hati dan meningkatkan tekanan vena portal. 

Hal ini berjalan bertahun-tahun tanpa memberikan gejala dan tanda klinis yang tidak kita sadari. Namun perkembangan ini dapat dihambat atau hentikan bila penyebabnya diobati.

"Penyebab sirosis hati dapat diketahui melalui deteksi awal melalui pemeriksaan klinis dan laboratoris," tutur dr. Agus Sudiro melalui edukasi webinar, belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3