Sering Salah Kaprah, Begini Ciri-Ciri Orang Introvert

Siska Permata Sari ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 20:21 WIB
Sering Salah Kaprah, Begini Ciri-Ciri Orang Introvert

Orang introvert punya ciri khusus. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Orang yang introvert sering kali dianggap sebagai pribadi yang tertutup, pemalu, dan pendiam. Kadang-kadang, banyak orang menganggap dirinya introvert karena merasa malu, mindert, atau enggan bersosialisasi. Padahal, benarkah itu ciri-ciri introvert?

Hal tersebut dibantah dr Jiemi Ardian, SpKJ selaku Psikiater RS Siloam Bogor. Melalui cuitannya di media sosial Twitter, dia menuliskan berbagai salah kaprah terkait orang introvert.

“Introvert itu bukan enggak keluar rumah, pendiam, enggak suka bicara depan orang,” tulis dia seperti dikutip dari Twitter @jiemiardian, Minggu (17/5/2020).

Dia mengungkapkan, sering sekali orang yang cemas, minder, takut, dan mengakui dirinya sebagai introvert. “Introvert itu kalau lagi mau recharge energi mental, dia menyendiri. Bukan enggak ada di keramaian, salah,” tulisnya.

Lalu, seperti apa sih ciri-ciri introvert? Berikut tiga tandanya seperti dilansir dari Psychology Today.

Menikmati waktu sendiri

Orang yang introvert cenderung menikmati waktu untuk diri sendiri. Ketika mereka memiliki kesempatan untuk beristirahat, mereka lebih suka menghabiskan waktu membaca, bermain video game, atau hanya mendengarkan musik.

Waktu tenang adalah hal penting bagi mereka meskipun ada banyak waktu di mana mereka juga menikmati pertemuan sosial.

Gagasan terbaik terjadi saat sendirian

Para introvert bukan berarti menentang atau tidak menyukai pertemuan sosial, seperti diskusi kelompok. Tetapi biasanya, mereka mempunyai waktu terbaik untuk berpikir jernih atau menciptakan gagasan ketika mereka sedang sendirian.

Seorang pemimpin terbaik

Terlepas dari keyakinan bahwa para introvert sangat pendiam, sehingga mereka tidak dapat melangkah maju dan menjalankan banyak hal, dalam keadaan yang tepat mereka dapat menjadi pemimpin terbaik.

Jadi, apakah Anda salah satu orang yang introvert?

Editor : Tuty Ocktaviany