Tak Banyak Orang Tahu, Ini Tanda-Tanda Tubuh Mengalami Defisiensi

Siska Permata Sari · Selasa, 11 September 2018 - 09:30:00 WIB
Tak Banyak Orang Tahu, Ini Tanda-Tanda Tubuh Mengalami Defisiensi
Kelelahan. (Foto: TNews)

JAKARTA, iNews.id - Tubuh memiliki cara tersendiri untuk memberitahu jika Anda sebenarnya kekurangan vitamin dalam asupan pola makan sehari-hari. Seperti apa? 

Kadangkala, peringatan tersebut muncul bukan dari rasa sakit atau tak nyaman, tetapi ada tanda-tanda lain yang tak jarang dihiraukan. Ini karena hal-hal tersebut dianggap wajar atau sepele.

Nah, tanda-tanda apa saja sih yang menandakan kalau Anda kekurangan vitamin? Yuk simak informasinya, seperti dirangkum dari Reader's Digest, Selasa (11/9/2018).

Ada Butiran Ketombe

Jika Anda menggaruk kepala Anda dan ada butiran-butiran putih seperti ketombe turun dari rambut Anda, itu adalah salah satu tanda Anda kekurangan asupan asam lemak esensial seperti omega-3. Kekurangan zat tersebut dapat membuat kulit luar Anda kering karena asam lemak tersebut berfungsi sebagai pelumas bagi tubuh.

Sariawan

Jika bibir Anda terasa perih dan terkelupas atau sering kita sebut dengan sariawan, itu adalah tanda tubuh Anda kekurangan vitamin B12. Anda bisa memperoleh vitamin B12 dari sumber-sumber makanan seperti daging unggas, daging merah (tanpa lemak), dan telur. Jika Anda vegetarian juga bisa mencoba susu atau sereal.

Kelelahan

Anda mungkin pernah merasa sangat kelelahan. Hal itu bisa saja Anda kekurangan vitamin D. Penelitian juga menyebut, mengonsumsi vitamin D bisa mengurangi gejala-gejala kelelahan. Nah, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D pada susu, yoghurt, ikan, dan tentu saja mendapatkan sinar matahari yang baik.

Memar di Kaki

Sebagian dari kita mungkin mengira memar di kaki adalah hal yang wajar muncul ketika kelelahan. Atau kita berpikir, memar itu ada karena kita habis menubruk sesuatu. Padahal, memar di kaki itu adalah tanda jika Anda kekurangan asupan vitamin C. 

Sebab, vitamin C membantu pembentukan kolagen yang terlibat dalam pembuatan pembuluh darah. Sementara itu, memar sering juga menjadi tanda bahwa Anda memiliki kapiler yang lemah.

Kram di Betis

Pernahkah Anda tiba-tiba merasa kram pada betis? Penyebabnya ternyata tak cuma karena Anda sangat kelelahan atau lama berjalan. Tetapi, ini adalah tanda Anda kekurangan asupan kalsium dan magnesium. Keduanya ini, sangat berperan penting dalam kontraksi otot. Nah, Anda bisa mendapatkan kalsium dan magnesium dari sumber makanan seperti pisang, alpukat, susu, hingga suplemen.

Editor : Tuty Ocktaviany

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda