Ternyata, Cara Ini Mudahkan Pasien Cek Kesehatan tanpa Harus ke Dokter

Vien Dimyati · Selasa, 08 Juni 2021 - 14:40:00 WIB
Ternyata, Cara Ini Mudahkan Pasien Cek Kesehatan tanpa Harus ke Dokter
Cara yang mudahkan pasien cek kesehatan (Foto: Healthcare IT news)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona. Apalagi sudah lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 terjadi di dunia dan Indonesia. 

Virus ini telah membawa dampak yang sangat dalam terhadap aspek kehidupan termasuk aspek sosial, ekonomi, dan tentunya kesehatan. Karenanya, pelayanan kesehatan perlu melakukan berbagai adaptasi dan tentunya inovasi agar dapat bertahan sekaligus meningkatkan layanan, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Kirana Pritasari, staf ahli menteri bidang desentralisasi kesehatan dan PLT Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan mengatakan, perlu adanya target untuk menekan laju Pandemi Covid-19 berdasarkan 'Bed Occupancy Rate' yang tinggi baik di ruang isolasi maupun di ruang intensive care. Ini mengacu pada tahun kedua Pandemi di wilayah pulau Sumatera dan pulau Jawa.

"Jadi target penanganannya adalah menekan kondisi pandemi sesegera dan serendah mungkin. Akan tetapi penambahan kasus tetap terjadi dengan terlihat dari Bed Occupancy Rate yang tinggi baik di ruang isolasi maupun di ruang intensive care," tutur dr. Kirana Pritasari, Senin (7/6/2021) 

Salah satu kasus yang sedang tinggi adalah di Kabupaten Kudus. Menurutnya, saat ini Kabupaten Kudus menghadapi tantangan tersendiri mengingat tingginya kasus termasuk adanya penularan pada tenaga kesehatan di Rumah Sakit. Penutupan sementara sebagian layanan kesehatan di beberapa RS di Kabupaten Kudus menurunkan daya tampung untuk perawatan pasien Covid-19.

Salah satu jalan untuk mengatasi keterbatasan tempat tidur adalah dengan  merujuk keluar Kabupaten Kudus, seperti kota Semarang atau daerah lain di sekitarnya. Hal ini juga menjadi kendala karena tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus cukup tinggi yang terkonfirmasi dengan status positif. Ini membutuhkan dukungan dari luar kabupaten.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3