Ternyata seperti Ini Cara Pakai Masker yang Sehat, Salah Satunya Ganti Tiap 4 Jam 

Vien Dimyati · Sabtu, 08 Mei 2021 - 14:59:00 WIB
Ternyata seperti Ini Cara Pakai Masker yang Sehat, Salah Satunya Ganti Tiap 4 Jam 
Tips gunakan masker yang tepat (Foto: Vital record)

JAKARTA iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, masker menjadi barang paling penting untuk dikenakan sehari-hari. Tujuannya sebagai langkah menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus Corona.

Namun penggunaan masker yang tidak tepat kerap memicu timbulnya masalah pada kulit. Sebagian dapat mengalami iritasi, berupa ruam kemerahan bahkan menimbulkan jerawat di kulit wajah, khususnya di area penggunaan masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Siloam Hospitals Sriwijaya, dr. Inda Astri Aryani mengatakan, jerawat timbul akibat adanya peradangan kelenjar minyak di wajah yang disebabkan bakteri. 

"Biasanya, terjadi pada orang yang kulitnya rentan atau sensitif, terutama pada bagian wajah," tutur dr Indra Astari Aryani melalui edukasi kesehatan Live On Instagram di Palembang, belum lama ini

Dokter Indra Astari menambahkan, iritasi terjadi akibat tersumbatnya kelenjar minyak yang seharusnya keluar melalui pori kulit. Hal tersebut karena penggunaan masker dan terjadi gesekan yang berulang pada wajah di area batas masker. 

"Ini bisa terjadi pada saat embusan nafas yang tertahan dan tidak langsung keluar pada area masker," kata dia.

Menurut dr Inda, sebagian besar pasien yang datang umumnya dengan keluhan pada bagian wajah akibat penggunaan masker. Untuk itu perlu diperhatikan dalam pemakaian masker yang tepat.

"Pastikan memilih masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernafas," tutur dia.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2