Terungkap, Ini Alasan Popok Antigumpal Baik untuk Kesehatan Kulit Bayi dan Banyak Dicari 

Vien Dimyati · Minggu, 28 Agustus 2022 - 00:40:00 WIB
Terungkap, Ini Alasan Popok Antigumpal Baik untuk Kesehatan Kulit Bayi dan Banyak Dicari 
Memilih popok antigumpal untuk bayi (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Memilih popok bayi yang digunakan sekali pakai memang tidak boleh sembarang. Jika salah pilih, bisa mengakibatkan kulit bayi ruam dan terjadi gangguan kesehatan lain.

Salah satu yang harus diketahui para ibu dalam memilih popok adalah memastikan popok tersebut antigumpal hingga lebih tipis. Alasan ini pula yang membuat para ibu memilih membeli popok antigumpal dan tipis.

Dokter spesialis anak, Andreas Cristan Leyrolf mengatakan, pemilihan popok perlu mendapatkan perhatian khusus bagi para ibu, karena popok bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan digunakan dalam waktu cukup lama setiap hari.

"Jika tidak teliti memilih popok yang tepat, maka berpotensi menyebabkan efek negatif seperti ruam popok. Ruam popok dapat terjadi apabila bahan popok tidak mampu menyerap cairan dengan baik, kemudian menyebabkan cairan memuai dan kembali kontak dengan kulit bayi," ujar dr Andreas Cristan Leyrolf melalui keterangannya belum lama ini.

Menurut dia, kontak yang terus-menerus dapat memicu iritasi, apalagi pada kulit bayi yang sangat sensitif. Di sinilah peran ibu yang harus lebih cermat dalam memilih popok berdaya serap optimal agar permukaan kulit bayi tetap kering dan meminimalisasi risiko ruam.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda