Tidak seperti Tar, Ini Alternatif Kurangi Risiko Penyakit akibat Rokok

Vien Dimyati · Senin, 21 Juni 2021 - 21:09:00 WIB
Tidak seperti Tar, Ini Alternatif Kurangi Risiko Penyakit akibat Rokok
Alternatif mengurangi risiko penyakit akibat rokok (Foto: Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Sudah menjadi hal umum jika tar pada rokok memiliki dampak kesehatan pada tubuh. Adapun beberapa penyakit yang akan berisiko adalah jantung, paru-paru, hingga kanker. Maka itu, diperlukan alternatif untuk mengurangi dampak risiko penyakit akibat rokok.

Sebagian besar dari produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL), seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan, menerapkan sistem pemanasan elektronik dalam penggunaannya, atau metode konsumsi lain, seperti kantong nikotin. Alhasil, kategori produk ini tidak melalui proses pembakaran, tidak menghasilkan asap dan abu. Selain itu, memiliki profil risiko dan karakteristik yang berbeda dari rokok.

Ketua salah satu perkumpulan UMKM industri HPTL, Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Aryo Andrianto mengatakan, selain tidak menghasilkan asap, produk HPTL juga tidak meninggalkan bau yang melekat pada penggunanya. Sebab, produk HPTL menghasilkan uap yang cepat hilang di udara. “Ketika menggunakan produk HPTL, tidak ada lagi bau yang tidak sedap yang menempel pada tubuh. Produk ini berbeda dengan rokok,” kata Aryo, melalui keterangan tertulisnya dikutip Senin (21/6/2021).

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2