Manfaat Membaca Surah Ar Rahman Setelah Sholat Dhuha, Apa Saja?

Inas Rifqia Lainufar ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 23:53:00 WIB
Manfaat Membaca Surah Ar Rahman Setelah Sholat Dhuha, Apa Saja?
Manfaat membaca surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha (Foto: Rawpixel/Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Manfaat membaca surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha sangat beragam. Tak hanya akan mendapatkan pahala, orang tersebut akan memperoleh kebaikan-kebaikan lain dalam hidupnya.

Meskipun demikian, sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan seseorang membaca Al-Qur’an atau surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha. Akan tetapi, amalan baik seperti membaca Al-Qur’an tidak ada salahnya untuk dikerjakan seusai menunaikan sholat wajib maupun sunnah.

Lalu, apa saja manfaat membaca surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha? Berikut ini iNews.id rangkum untuk Anda.

Manfaat membaca surah Ar Rahman setelah Sholat Dhuha

Salah satu manfaat dari mengerjakan Sholat Dhuha adalah untuk mendapatkan kemudahan rezeki dari Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu (sholat dhuha), niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Maka dari itu, dibacanya surah Ar Rahman seusai Sholat Dhuha adalah sebagai pengucap syukur atas segala nikmat yang diterima selama ini.  Sehingga saat dalam mencari rezeki di pagi hari, orang tersebut tidak akan pernah lalai untuk mengingat bahwa semua yang ia dapatkan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa.

Pengulangan kalimat fa bi ayyi ala i rabbikuma tukazziban yang berarti ‘maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan’ sebanyak 31 kali dalam surah Ar Rahmaan memang merupakan pengingat agar semua muslim senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: