Hikmah

7 Balasan bagi Penghafal Al-qur'an, Dapat Surga Tertinggi hingga Mahkota

Kastolani · Selasa, 29 November 2022 - 20:19:00 WIB
7 Balasan bagi Penghafal Al-qur'an, Dapat Surga Tertinggi hingga Mahkota
Balasan bagi penghafal Al-quran di dunia dan akhirat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Balasan bagi penghafal Al-qur'an sangat besar baik di dunia maupun di akhirat nanti. Al-qur'an yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW merupakan rahmat bagi orang beriman.

Al-qur'an juga akan memberikan syafaat bagi pembacanya dan yang menghafalkan serta mengamalkannya.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ زَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِه

Dari Zaid bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. (HR. Muslim) [ No. 804 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

Balasan bagi Penghafal Al-qur'an

Menghafalkan Al-qur'an menurut jumhur ulama hukumnya adalah fardhu kifayah atas seluruh umat Islam sebagaimana penegasan al Jurjani dalam as Syafi.

Al Juwaini menjelaskan hal ini dengan mengatakan bahwa maksudnya kemutawatiran bagi para penghafal Al Quran tidak boleh terputus sehingga Al Quran terjaga dari penggantian dan pengubahan.

Al Quran pun merupakan rahmat ba­gi mereka, karena dengan membaca dan menghafal kitab suci itu dapat mempertebal keimanan dan kebaikan dapat dijumpai padanya serta akan menam­bah kecintaan kepadanya. 

Adapun balasan bagi penghafal Al-Quran kelak akan memberikan syafaat atau pertolongan kepada keluarganya.

Dari Ali Bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah ia berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan memberikannya hak syafaat untuk 10 anggota keluarganya di mana mereka semuanya telah ditetapkan untuk masuk neraka."

Selain itu, balasan bagi penghafal Al-Quran lainnya  akan memakai mahkota kehormatan kelak di hari kiamat.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: "Orang yang hafal Al Quran nanti pada hari kiamat nanti akan datang dan Al Quran akan berkata; "Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru." Maka orang tersebut di berikan mahkota kehormatan. Al Quran  berkata lagi:

"Wahai Tuhan tambahlah pakaiannya." Maka orang itu di beri pakaian  kehormatannya. Al Quran lalu berkata lagi, "Wahai Tuhan, redailah dia."  Maka kepadanya di katakan; "Bacalah dan naiklah." Dan untuk setiap ayat, ia di beri tambahan satu kebajikan."

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda