Ayat Al Quran tentang Riba, Latin, Arti, Hadits

Kastolani · Minggu, 26 Desember 2021 - 18:00:00 WIB
Ayat Al Quran tentang Riba, Latin, Arti, Hadits
Ayat Al quran tentang riba yang perlu diketahui Muslim agar menjauhi perbuatan ataupun emmakan harta riba. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ayat Al Quran tentang Riba disebutkan dalam sejumlah surah dan hadits Nabi SAW. Riba merupakan perbuatan yang sangat terlarang karena melebihkan jumlah nominal pinjaman saat pengembalian.  

Pengertian Riba

Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya berjudul "Kiat-Kiat Syar'i hindari Riba" terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan, secara bahasa, kata riba (ربا) berarti ziyadah (زيادة) yaitu tambahan. Dikatakan dalam ungkapan Arab Sesuatu mengalami riba, maksudnya mengalami pertambahan.

Kadang kata riba juga disebutkan dengan lafadz yang berbeda, seperti rama' (رماء)sebagaimana perkataan Umar bin Al-Khattab : Aku takutkan dari kalian adalah rama' (maksudnya adalah riba)
Kadang juga digunakan istilah rubbiyah (ربية) sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Tidak ada lagi tuntutan atas riba ataupun darah.

Secara istilah, pengertian riba menurut mAzhab Syafi'i adalah Akad atas penggantian yang dikhususkan yang tidak diketahui kesetaraan dalam pandangan syariah pada saat akad atau dengan penundaan salah satu atau kedua harta yang dipertukarkan.

Riba termasuk satu dari tujuh dosa besar yang telah ditentukan Allah SWT. Pelakunya diperangi Allah di dalam Al-Quran, bahkan menjadi satusatunya pelaku dosa yang dimaklumatkan perang di dalam Al-Quran adalah mereka yang menjalankan riba. 

Pelakunya juga dilaknat oleh Rasulullah SAW. Mereka yang menghalalkan riba terancam dengan kekafiran, tetapi yang meyakini keharamannya namun sengaja tanpa tekanan menjalankanya termasuk orang fasik. 

Berikut Kumpulan Ayat Al Quran tentang Riba, Latin, Arti, Hadits:

1. Surat Al Baqarah ayat 275, Riba Haram Hukumnya

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ

Latin: Alladziina ya kuluuna ribaaa laa yaquumuuna illaa kamaa yaquumu ladzii yatakhabbathuhuu syaithoonu minal massi. Dzaalika biannahum qaaluuu innamal bay'u mitlsu ribaa wa ahallallahul baiy'a wa harroma ribaa. 

Artinya: Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. (QS. Al Baqarah: 275).

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: