Hikmah

Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Doa serta Kewajiban Menunaikannya

Kastolani · Selasa, 20 April 2021 - 00:12:00 WIB
Bacaan Niat Zakat Fitrah dan Doa serta Kewajiban Menunaikannya
Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan Muslim. ( Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi tiap muslim atas dirinya dan orang-orang yang dinafkahinya. Saat menunaikannya harus dilakukan dengan mengucapkan niat zakat fitrah.

Zakat Fitrah merupakan rukun Islam keempat. Di Bulan Ramadan ini, setiap muslim diwajibkan membayar zakat baik zakat fitrah yang menjadi kewajiban tiap individu, maupun zakat mal jika sudah mencapai nishab dan haulnya.

Pembayaran dan pembagian zakat fitrah idealnya dilakukan pada masa-masa terakhir Bulan Ramadan. Anjuran itu didasarkan karena Rasulullah SAW menginginkan tidak ada orang yang tidak memiliki sesuatu untuk dimakan pada hari raya idul fitri.

Namun, di masa-masa darurat seperti saat ini dampak dari wabah Covid-19, zakat fitrah bisa ditunaikan lebih cepat di awal atau pertengahan bulan Ramadan.

Sebab, di masa pandemi ini banyak orang yang kehilangan kesempatan untuk mencari nafkah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena itu, zakat dari para muzakki akan sangat membantu kehidupan mereka yang terdampak secara ekonomi.

Maka bagi yang sudah berkecukupan, sebaiknya menyegerakan pembayaran zakat harta, meperbanyak infaq dan sedekah sebagai bukti ibadah sosial di bulan Ramadan.

Dalam sebuah hadis disebutkan bhawa pahala puasa di Bulan Ramadan akan digantung sebelum mengeluarkan zakat fitrah.

ابن شاهين في ترغيبه والضياء عن جرير شهر رمضان معلق بين السماء والأرض لا يرفع إلى الله تعالى إلا بزكاة الفطر والظاهر أن ذلك كناية عن عدم ترتب فائدة عليه إذا لم تخرج زكاة الفطر لكن بمعنى توقف ترتب ثوابه العظيم على إخراجها بالنسبة للقادر عليها المخاطب بها عن نفسه فحينئذ لا يتم له جميع ما رتب على صوم رمضان من الثواب وغيره إلا بإخراج زكاة الفطر

Ibn Syaahiin meriwayatkan hadits dalam kitab Targhiib wa ad-Dhiyaa’ dari sahabat Jarir ra: “Bulan ramadhan (maksudnya puasa dibulan ramadhan) digantungkan antara langit dan bumi, tidak diangkat pada Allah Ta’ala kecuali dengan zakat fitrah”.

Editor : Kastolani Marzuki