Hikmah

Bacaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil Ayat 1-16, Teks Arab dan Terjemahannya

Kastolani ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 18:55:00 WIB
Bacaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil Ayat 1-16, Teks Arab dan Terjemahannya
Bacaan Surat Yusuf untuk ibu hamil ayat 1-16 untuk diamalkan agar kelak bayi yang dilahirkannya memiliki akhlak dan kepribadian baik. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan Surat Yusuf untuk ibu hamil ayat 1-16 penting diamalkan bagi perempuan yang sedang mengandung. Bertabarruk dan berwasilah dengan Al Quran dalam hal ini melalui Surat Yusuf bertujuan agar kelak anak yang dilahirkannya memiliki akhlak terpuji, tampan, cerdas, sabar dan tidak mudah tergoda rayuan menyesatkan.

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya Ritual & Tradisi islam Jawa menuturkan, sebagai bentuk tawakal dan kepasrahan, sebaiknya bagi ibu hamil terutama ketika menjelang kelahiran diisi dengan memperbanyak bacaan Alquran, seperti Surat Yusuf dan Maryam, istighfar dan bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim alaihisalam (sholawat Ibrahimiyah).

Maksud dari membaca Alquran khususnya Surat Yusuf maupun SUrat Maryam untuk bertabarruk atau mengambil berkah dari para nabi sebagaimana kisah mereka yang dituturkan dalam Surat Yusuf dan berharap anugerah, keajaiban dan rahmat dari Allah SWT.

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Surat Yusuf merupakan surat Makkiyah berjumlah 111 ayat. Surat tersebut turun pada periode Mekkah, sebagai penghibur hati Nabi SAW ketika mendapat ujian dari Allah SWT. 

Saat itu, Nabi SAW secara berturut-turut ditinggalkan orang yang paling dicintainya yakni istrinya, Siti Khadijah dan pamannya Abu Thalib yang disebut dengan amul huzni atau tahun kesedihan.

Di saat Nabi Muhammad SAW bersama umat Islam yang saat itu masih berjumlah sedikit mendapat ujian, Allah SWT memberikan wahyu-Nya dengan Surat Yusuf. Surat tersebut menceritakan Nabi Yusuf yang juga mendapat ujian dibuang oleh saudaranya hingga mendapat fitnah.

Namun, Nabi Yusuf as menghadapinya dengan penuh kesabaran. Sudah menjadi sunnatullah bahwa orang yang ketika ditimpa ujian atau cobaan dan menghadapinya dengan penuh kesabaran, akan mendapatkan pertolongan dan jalan keluar yang terbaik dari Allah.

Dalam Surat Yusuf itu diceritakan tentang sosok Nabi Yusuf yang diuji oleh Allah. Namun, berhasil melewati ujian itu dengan penuh kesabaran. Nabi Yusuf juga dikaruniai wajah rupawan hingga banyak perempuan yang tergoda karena ketampannya.

Meski demikian, Nabi Yusuf tak tergoda dan tidak terjerumus ke lubang kemaksiatan. Nabi Yusuf merupakan sosok pemuda yang memiliki akhlak terpuji, kesalehan, kesopanan, kecerdasan, kesabaran, bijaksana dan pemaaf.

Karena itu, Surat Yusuf sangat relevan jika diamalkan ibu hamil yang merasakan kesusahan sangat payah mengandung selama 9 bulan.

Banyak juga godaan yang dialami ibu hamil selama mengandung. Karena itu, dianjurkan untuk melakukan amalan saleh salah satunya membaca Alquran, Surat Yusuf.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda