Hikmah

Bolehkah Membaca Surat Yasin di HP tanpa Wudhu? Begini Kata Ulama

Kastolani · Kamis, 19 Mei 2022 - 09:00:00 WIB
Bolehkah Membaca Surat Yasin di HP tanpa Wudhu? Begini Kata Ulama
Membaca Alquran termasuk Surat Yasin boleh lewat HP, namun disarankan tetap berwudhu. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Di zaman teknologi yang canggih ini masyarakat bisa mengakses Alquran dengan mudah termasuk membaca Surat Yasin dari handphone (HP). Lalu bolehkah membaca Alquran termasuk Surat Yasin di HP tanpa Wudhu?

Membaca Alquran merupakan ibadah yang bernilai pahala dan memberikan syafaat kelak bagi pembacanya di hari kiamat. Alquran ini merupakan tuntunan, panduan, dan arah hidup bagi Muslim. Barangsiapa yang mengikuti Alquran, insya Allah tidak akan sesat.

Dalam sebuah ayat, Allah Swt menegaskan bahwa Alquran diturunkan dengan membawa kebenaran hakiki yang berfungsi sebagai dasar penetapan hukum yang harus dipegang teguh oleh Nabi Muhammad SAW, tidak boleh sedikit pun menyimpang dari Al Quran. Dan tentunya hal ini juga harus dipegang teguh oleh umat Islam. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. An-Nisa’ ayat 105.

اِنَّآ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَآ اَرٰىكَ اللّٰهُۗ وَلَا تَكُنْ لِّلْخَاۤىِٕنِيْنَ خَصِيْمًاۙ

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat. (QS. An Nisa: 105).

Bolehkah membaca Alquran di HP tanpa wudhu? 

Ustaz M Syahid Joban dari Cordofa-Dompet Dhuafa mengatakan, seluruh ulama menyebutkan bahwa orang yang membaca Alquran baik lewat mushaf maupun lewat HP akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Jadi siapa pun dan darimana pun yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala. Bahkan Nabi mengatakan, di setiap huruf Alquran yang kita baca itu mengandung 10 kebajikan. 

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah ketika membaca Alquran seperti Surat Yasin di HP harus berwudhu atau tidak?

Sebab di dalam membaca Alquran, Muslim harus mengetahui terlebih dahulu apakah Alquran yang didalam aplikasi disebut mushaf atau tidak, sehingga kita bisa mengambil istinbath hukum apakah harus berwudu atau tidak.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda