Hikmah

Doa Masuk Kuburan Sesuai Sunnah Lengkap Arab dan Latin Serta Artinya

Kastolani · Selasa, 16 Februari 2021 - 22:14:00 WIB
Doa Masuk Kuburan Sesuai Sunnah Lengkap Arab dan Latin Serta Artinya
Ziarah makam umat muslim menjelang Ramadan (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Doa masuk kuburan merupakan salah satu adab bagi Muslim saat berziarah baik ke makam orang tua maupun kerabat.  Ziarah kubur sangat dianjurkan bagi Muslim karena banyak manfaat yang diperoleh.

Secara bahasa ziarah artinya berkunjung. Sedangkan secara istilah, ziarah adalah mengunjungi makam orang yang sudah meninggal untuk mendoakannya, bertabaruk ataupun mengingat untuk kematian dan hari akhirat.

Para ulama menyatakan hukum ziarah kubur adalah sunah. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW:

عَنْ بَرِيْدَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَدْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِىْ زِيَارَةِ قَبْرِ اُمَّةِ فَزُوْرُوْهَا فَاِنَّهَا تُذَكِّرُ اْلآخِرَةِ.(رواه الترمذي.٩٧٠) “

Dari Buraidah, ia berkata Rasulullah SAW bersabda “Saya pernah melarang kamu berziarah kubur. Tapi sekarang Muhammad teah diberi izin untuk berziarah ke makam ibunya. Maka sekarang berziarahlah! Karena perbuatan itu dapat mengingatkan kamu pada akhirat.

Disunahkan memperbanyak ziarah dengan tujuan supaya dapat mengambil pertimbangan, peringatan serta teringat kehidupan akhirat.
Saat berziarah ke makam, Muslim disunahkan membaca doa masuk kuburan. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: 

"مَا مِنْ أَحَدٍ يَمُرُّ بِقَبْرِ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ، كَانَ يَعْرِفُهُ فِي الدُّنْيَا، فَيُسَلِّمُ عَلَيْهِ، إِلَّا رَدَّ اللَّهُ عَلَيْهِ رُوحَهُ، حَتَّى يَرُدَّ عَلَيْهِ السَّلَامَ"

Artinya: Tiada seorang pun yang melalui kuburan saudara muslimnya yang ia kenal semasa hidupnya, lalu ia mengucapkan salam kepadanya, melainkan Allah mengembalikan rohnya hingga menjawab salamnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3