Hukum Tajwid Surat Al Anfal Ayat 72, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya

Rilo Pambudi · Selasa, 02 Agustus 2022 - 18:53:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Al Anfal Ayat 72, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Bacanya
Hukum tajwid surat Al Anfal ayat 72 (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid surat Al Anfal ayat 72 beserta arti lengkap dengan cara bacanya dapat menjadi pelajaran bermanfaat. Membaca Al Quran sesuai kaidah ilmu tajwid sangat penting untuk diindahkan.

Tak cuma agar benar melafalkannya, mengetahui hukum  bacaan sangat penting agar ayat yang dibaca tidak keliru maknanya.

Surat Al Anfal ayat 72 berisi penjelasan tentang tiga golongan manusia, antara lain adalah orang Mekah yang berhijrah yang kemudian disebut Kaum Muhajirin. Kemudian ada orang-orang Madinah atau Kaum Anshar yang telah menerima dan melindungi orang-orang yang hijrah. Kemudian juga menyinggung tentang orang Mekah yang belum berhijab.

Untuk memahami lebih rinci mengenai hukum tajwid ayat tersebut, berikut adalah bunyi surat Al Anfal ayat 72 beserta bacaan latin dan artinya:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (Q.S Surat Al Anfal: 72).

Dalam ayat yang cukup panjang tersebut, terdapat banyak sekali jenis hukum tajwid yang pada setiap kata. Mulai dari Idgham ma'al ghunnah, Mad badal, Mad thobi’i, Idzhar, ikhfa, idghom bighunnah dan banyak lagi.

Hukum Tajwid Surat Al Anfal ayat 72

إِنَّ = Hukumnya Idgham ma'al ghunah atau Gunnah Musyaddah, karena ada huruf نّ yang bertasydid. Cara membacanya masuk dengan mendengung.
آمَنُوا = Hukumnya Mad badal,  ada huruf ( ء ) bertemu dengan huruf mad dalam satu kata. Cara membacanya panjang 2 harakat.
بِأَمْوَا = Hukumnya Izhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf و. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
لِهِمْ وَ = Hukumnya Izhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf و. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
وَأَنْفُسِهِمْ = Hukumnya Ikhfa haqiqi, karena ada nun mati/tanwin bertemu dengan huruf ف. Cara membacanya samar-samar membentuk huruf ف.
وَأَنْفُسِهِمْ فِي = Hukumnya Izhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ف. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.
سَبِيلِ اللَّهِ = Hukumnya Lam jalalah tarqiq, karena ada kasrah bertemu lafadz اللَّهِ. Cara membacanya di tipiskan.
آوَوْا = Hukumnya Mad badal, ada huruf ( ء ) bertemu dengan huruf mad dalam satu kata. Cara membacanya panjang 2 harakat.
آوَوْا = Hukumnya Mad layyin, sebab terdapat tanda baca fathah bertemu dengan huruf و mati. Cara membacanya sekedar lunak dan lemas.
أُولَٰئِكَ = Hukumnya Mad wajib muttasil, karena ada Mad thabi'I bertemu dengan huruf hamzah ( ء ) dalam satu kalimat atau kata. Cara membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat atau 5 x ketukan.
بَعْضُهُمْ أَ = Hukumnya Izhar syafawi, Izhar syafawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf ا. Cara membacanya terang di bibir dengan mulut tertutup.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda