Hikmah

Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 112-113, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Membacanya

Kastolani · Selasa, 15 November 2022 - 16:46:00 WIB
Hukum Tajwid Surat Thaha Ayat 112-113, Lengkap dengan Penjelasan dan Cara Membacanya
Hukum tajwid Surat Thaha ayat 112 dan 113 yang penting diketahui agar bisa membaca Alquran dengan benar. (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid Surat Thaha ayat 112 lengkap dengan penjelasan dan cara bacanya berikut ini bisa menjadi sarana pembelajaran dalam membaca Al Quran dengan benar.

Dikutip dari Buku Qur'an & Hadis MTs Kelas VII Kemenag, tajwid menurut bahasa adalah tahsin, yang artinya memperindah. Adapun menurut istilah dan mustahaknya (orang yang membaca Al Quran) wajib menerapkan tajwid saat membaca ayat-ayat Al Quran. 

Hukum mempelajari Ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah, sedang membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid hukumnya Fardhu Ain.

Teks Surat Thah ayat 112 dan Artinya

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِنَ الصّٰلِحٰتِ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَا يَخٰفُ ظُلْمًا وَّلَا هَضْمًا ١١٢

Artinya: Siapa yang mengerjakan kebajikan dan dia (dalam keadaan) beriman, maka dia tidak khawatir akan perlakuan zalim (terhadapnya) dan tidak (pula khawatir) akan pengurangan haknya.

Surat Thaha ayat 113 dan Artinya:

وَكَذٰلِكَ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا وَّصَرَّفْنَا فِيْهِ مِنَ الْوَعِيْدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ اَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْرًا ١١٣

Artinya: Demikianlah, Kami menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab dan Kami telah menjelaskan berulang-ulang di dalamnya sebagian dari ancaman agar mereka bertakwa atau agar (Al-Qur’an) itu memberi pengajaran bagi mereka.

Surat Thaha ayat 112 ini berisi tentang orang mukmin yang mengerjakan amal-amal saleh dengan niat tulus tidak akan merasa khawatir dan takut saat menghadapi hari perhitungan atau hisab. 

Sedangkan Surat Thaha ayat 113 menjelaskan bahwa Allah menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab agar mudah dipahami oleh orang-orang musyrik Mekah dan agar mereka tertarik untuk memperhatikan isinya dan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Lantas, apa saja hukum tajwid dalam Surat Thaha ayat 112 dan 113? Simak ulasan berikut

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda