Hikmah

Kapan 1 Safar 2022 ? Simak Amalan Doa agar Dijauhkan dari Marabahaya

Kastolani · Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:42:00 WIB
Kapan 1 Safar 2022 ? Simak Amalan Doa agar Dijauhkan dari Marabahaya
Doa awal bulan safar patut dibaca Muslim memohon kepada AllahS WT agar diberikan keberkahan dan dijauhkan dari marabahaya di bulan ini. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kapan 1 Safar 2022 ? Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam setelah Muharram.

Berdasarkan kalender hijriah, 1 Safar 2022 / 1444 H jatuh pada hari Senin, 29 Agustus 2022. Artinya, Minggu (28/8/2022) malam ini Muslim sudah memasuki bulan Safar.

Arti Safar

Shafar atau Safar satu suku kata dengan kata Shifr [صفر [yang berarti kosong. Bulan ini dinamakan safar atau shifr, karena pada bulan ini bangsa Arab mengosongkan rumah-rumah mereka yang beralih ke medan perang.

Di kalangan masyarakat Jawa, Bulan Safar atau Sapar kerap dihubungkan dengan mitos bulan sial dan banyak bencana. Pada masa Arab Jahiliyah, bulan Safar juga disebut bulan sial. 

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

لا عدوى ولا طيرة ةلا هامة ةلا صفر وفر من المجذوم كما تفر من الأسد

Artinya: Tidak ada wabah (yang menyebar secara sendirinya), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga Safar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.”

Menurut Ibnu Utsaimin rahimahullah, kata Safar dalam hadis tersebut memiliki makna yang bervariasi. Namun yang paling kuat menurut umat Jahiliah adalah sebagai bulan kesialan, sehingga sebagian orang jika selesai melakukan pekerjaan tertentu pada hari kedua puluh lima dari bulan Safar merasa lega, dan berkata, “Selesai sudah hari kedua puluh lima dari bulan Safar dengan baik.”

Doa Bulan Safar

Menyambut Bulan Safar, Muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa memohon keberkahan hidup dan keselamatan.

Dalam Kitab Kanzun Najah Wa Surur karangan Abdul Hamid bin Muhammad Ali bin Abdul Qodir, disebutkan doa awal Bulan Safar untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT terhindar dari marabahaya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda