Kemenag Gelar Isbat Awal Ramadan 12 April, Berikut 86 Lokasi Pemantauan Hilal

Sucipto · Kamis, 08 April 2021 - 22:30:00 WIB
Kemenag Gelar Isbat Awal Ramadan 12 April, Berikut 86 Lokasi Pemantauan Hilal
Kemenag menyiapkan 86 lokasi pemantauan hilal awal Puasa Ramadan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Kementarian Agama (Kemenag) menyiapkan 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi untuk memantau hilal Ramadan 1442 Hijriah. Setelah itu, Kemenag akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1442 H pada 12 April 2021. 

Sidang akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama di Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta.

“Isbat awal Ramadhan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Syaban 1442 H,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (8/4/2021). 

Menurutnya, karena masih pandemi, sidang isbat akan digelar secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. 

Sejumlah ormas Islam, antara lain, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, juga direncanakan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. 

Selain itu, ada juga ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring. 

“Ada 29 Duta Besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang,” ujar Kamaruddin.

Sidang isbat akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Lokasi sidang akan disemprot lebih dahulu dengan disinfektan.

Editor : Kastolani Marzuki