Hikmah

Khutbah Nabi Muhammad SAW ketika Haji Wada

Kastolani · Jumat, 26 November 2021 - 06:32:00 WIB
Khutbah Nabi Muhammad SAW ketika Haji Wada
Khutbah Nabi Muhammad SAW ketika Haji Wada berisi pesan bagi umat Islam untuk selalu berpegang teguh pada Kitabullah dan Sunnah-nya. (Foto: Freepik)

Ketika mendengar ayat tersebut banyak orang yang bergembira, tetapi ada juga yang justru menangis sedih, termasuk Abu Bakar. Abu Bakar beranggapan bahwa wahyu terakhir itu pertanda tugas Rasulullah telah usai dan beliau akan kembali kepada Allah, yang artinya kaum muslimin akan ditinggal oleh Rasulullah untuk selama-lamanya.

Selesai berkhutbah, Bilal diminta untuk mengumandangkan azan dan iqamah. Rasulullah menjadi imam sholat Dzuhur. Kemudian Bilal diminta mengumandangkan iqamah lagi untuk melaksanakan sholat Ashar.

Dua bulan setelah menunaikan haji Wada, Nabi Muhammad SAW menderita demam. Nabi Saw tetap memimpin shalat berjamaah walaupun kondisi badannya lemah. Ketika badannya sangat lemah, sekitar tiga hari menjelang wafatnya, Nabi Saw tidak bisa mengimami shalat berjamaah.

Nabi Saw menunjuk Abu Bakar sebagai penggantinya menjadi Imam shalat. Semakin hari tenaganaya terus menurun. dan pada hari Senin 12 Rabiul Awal 11 8/8 Juni 632 M Nabi Muhammad SAW wafat di rumah istrinya, Siti Aisyah.

Wallahu A'lam

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda