Hikmah

Kisah Turunnya Surat Al Falaq dan Doa Malaikat Jibril Ketika Nabi SAW Kena Sihir

Kastolani · Senin, 20 September 2021 - 19:16:00 WIB
Kisah Turunnya Surat Al Falaq dan Doa Malaikat Jibril Ketika Nabi SAW Kena Sihir
Kisah turunnya Surat Al Falaq ketika Nabi Muhammad SAW kena sihir orang Yahudi. Surat inid ianjurkan rutin dibaca Muslim dalam sholat maupun sebelum tidur. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk membaca Surat Al Falaq dalam sholat wajib maupun sunnah, dzikir dan sebelum tidur. Anjuran itu tidak lain untuk memohon pelindungan kepada Allah SWT dari perbuatan jahat seperti sihir.

Rasulullah SAW pun pernah terkena sihir dari orang Yahudi. Kemudian, Allah SWT menurunkan Surat Al Falaq dan menyuruh Nabi SAW membacanya hingga terlepas semua sihir yang dialaminya.

Surat Al Falaq yang merupakan surat ke-113 dari 114 surat dalam Al Quran juga dinamai Nabi SAW dengan nama surah Qul A’udzu bi Rabb al-Falaq.

Surah Al Falaq ini bersama dengan surah sesudahnya, yaitu an-Naas, dinamai juga surah al Mu’awwidzatain. Nama itu terambil dari kata kedua surah tersebut yang menggunakan kata A’udzu yang berarti aku berlindung. Al-Mu’awwidzatain berarti dua surah yang menuntun pembacanya kepada tempat perlindungan.

Ada yang menamai dengan surah al-Falaq. Nama itu terambil dari ayat pertama surah ini. Al Falaq artinya waktu subuh. Surah yang berjumlah lima ayat ini diturunkan di Kota Madinah.

Berikut Surat Al Falaq ayat 1-5 dengan artinya:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”

Sebab Turunnya Surat Al Falaq

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan kisah dan sebab-sebab turunnya atau Asbabun Nuzul Surat Al falaq.

Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam kitab Dalail an-Nubuwwah dari al-Kalbi dari Abu Saleh dari Ibnu Abbas, ia berkata bahwasanya suatu ketika, Rasulullah SAW menderita sakit parah karena sihir. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: