Khazanah

Pengertian dan Macam-Macam Hadits yang Perlu Diketahui Muslim

Kastolani · Selasa, 26 Januari 2021 - 19:54:00 WIB
Pengertian dan Macam-Macam Hadits yang Perlu Diketahui Muslim
Ilustrasi kitab hadits. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hadits dalam ajaran Islam adalah sumber hukum kedua dan pedoman bagi Muslim setelah Alquran. Ada beberapa macam hadits yang perlu diketahui Muslim, yakni Hadits Shahih, Hadits Hasan, dan Hadits Dhaif.

Dikutip dari kemenag.go.id, Hadits menurut bahasa yaitu sesuatu yang baru, menunjukkan sesuatu yang dekat atau waktu yang singkat. Hadits juga berarti berita yaitu sesuatu yang diberitakan, diperbincangkan, dan dipindahkan dari seorang kepada orang lain. 

Sedangkan Hadits menurut istilah syara’ ialah hal-hal yang datang dari Rasulullah SAW, baik itu ucapan, perbuatan, atau pengakuan (taqrir). Berikut ini adalah penjelasan mengenai ucapan, perbuatan, dan perkataan.

Adapun fungsi hadits yakni menguatkan dan mengaskan hukum-hukum yang tersebut dalam Alquran atau disebut fungsi ta’kid dan taqrir. Dalam bentuk ini Hadits hanya seperti mengulangi apa-apa yang tersebut dalam Alquran.

Dari segi kekuatan dan kelemahan hadits, para ulama membagi hadits berdasarkan kualitasnya dalam tiga kategori, yaitu hadits shahih, hadits hasan, hadits dhaif.

Berikut kategori atau macam-macam hadits:

1. Hadits Shahih

Dikutip dari ponpes.alhasanah, Hadits shahih ialah hadits yang sanadnya bersambung atau mutawatir, diriwayatkan oleh perawi yang berkualitas dan tidak lemah hafalannya, di dalam sanad dan matannya tidak ada syadz dan illat. Mahmud Thahan dalam Taisir Musthalahil Hadits menjelaskan hadits shahih adalah:

ما اتصل سنده بنقل العدل الظابط عن مثله إلى منتهاه من غير شذوذ ولا علة

Setiap hadits yang rangkaian sanadnya bersambung, diriwayatkan oleh perawi yang adil dan dhabit dari awal sampai akhir sanad, tidak terdapat di dalamnya syadz dan ‘illah.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3