Hikmah

Malam Nisfu Syaban: Pengertian, Amalan dan Doa yang Dianjurkan

puti aini yasmin ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 17:53:00 WIB
Malam Nisfu Syaban: Pengertian, Amalan dan Doa yang Dianjurkan
Ilustrasi Nisfu Sya'ban. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Nisfu syaban menjadi momen istimewa di bulan Syaban. Berikut pengertian nisfu sya'ban dan dalilnya lengkap amalannya.

Apa Arti Nisfu Syaban?

Dikutip dari buku '1001 Hal yang Paling Sering Ditanyakan tentang Islam' karya Ustaz Abu Muslim nisfu Syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT. Hal ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Jibril telah datang kepadaku pada malam nisfu syaban dan berkata, 'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Oleh karena itu, bangun lah dan dirikanlah sholat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit.' Nabi bertanya, 'Apakah arti malam ini?' Jibril menjawab, 'Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, orang yang suka mengadu domba, dan orang yang memutuskan silaturahim. Mereka tidak akan diampuni."

Nisfu Syaban Kapan?

Nisfu Syaban adalah pertengahan bulan Syaban atau jatuh di tanggal 15 bulan Syaban kalender Hijriyah.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: