Maulid Nabi Tanggal Berapa? Ini Jawaban Sekaligus Hukum Merayakannya

Rilo Pambudi ยท Rabu, 28 September 2022 - 20:34:00 WIB
Maulid Nabi Tanggal Berapa? Ini Jawaban Sekaligus Hukum Merayakannya
Maulid nabi tanggal berapa (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Umat Muslim tidak lama lagi akan menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, kira-kira Maulid Nabi tanggal berapa?

Diketahui, bulan Safar 1444 H telah berakhir. Dengan begitu, umat Muslim sebentar sudah memasuki bulan Rabiul Awal 1444 H.

Berdasarkan hitungan kalender Masehi, 1 Rabiul Awal 1444 H jatuh pada hari Selasa tanggal 27 September 2022. Lalu, tanggal berapa Maulid Nabi Muhammad pada tahun ini?

Maulid Nabi Tanggal Berapa?

Maulid Nabi merupakan hari peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Nabi terakhir yang diutus Allah SWT itu lahir 12 Rabiul Awal tahun gajah (570 M) di Kota Mekah.

Itulah mengapa umat Muslim di seluruh dunia memperingati atau merayakan hari kelahiran Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriah.

Berdasarkan SKB 3 Menteri yang memuat penetapan hari libur nasional, 12 Rabiul Awal tahun ini jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022.

Dalam kalender Hijriah, Rabiul Awal adalah bulan ketiga yang menjadi salah satu bulan teristimewa. Sebab di bulan ini, manusia agung pembawa risalah seluruh alam, Nabi Muhammad SAW, dilahirkan.

Oleh sebab itu, salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk meraih keutamaan di bulan yang istimewa tersebut adalah berpuasa.

Hukum Merayakan Maulid Nabi

Dilansir iNews.id dari laman resmi MUI, Rabu (28/9/2022), hukum memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah boleh. Bahkan jika diteliti lebih dalam, justru terdapat dalil-dalil yang membolehkan Maulid Nabi. Kebolehan memperingati atau merayakan Maulid Nabi mempunyai argumentasi syar’i yang kuat. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda