Profil Biografi Yusuf Al Qaradhawi, Ulama Fikih Kontemporer yang Wafat di Qatar

Kastolani ยท Senin, 26 September 2022 - 20:52:00 WIB
Profil Biografi Yusuf Al Qaradhawi, Ulama Fikih Kontemporer yang Wafat di Qatar
Ulama asal Mesir Yusuf Al Qaradawi (foto: Instagram TGB)

DOHA, iNews.idProfil Biografi Yusuf Al Qaradhawi, ulama fikih kontemporer asal Mesir yang wafat, Senin (26/9/2022) sore waktu setempat banyak dicari muslim. Al Qaradhawi wafat di usia 96 tahun.

Tidak dijelaskan penyebab meninggalnya Al Qaradawi, namun Almarhum menderita sakit sejak beberapa tahun terakhir. Belum ada penjelasan pula soal pemakamannya.

Profil Biografi Yusuf Al Qaradhawi

Semasa hidupnya, Al Qaradhawi pernah menjabat sebagai Presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), wadah para ulama seluruh dunia.

Dr Ipandang Mag dalam bukunya Fiqih dan Realitas Sosial menjelaskan, Yusuf Al Qaradhawi adalah satu dari ratusan ribu ulama’ Islam telah lama malang melintang dalam dunia pemikiran ke-Islam-an hingga akhirnya menjadi salah satu tokoh terkemuka di dalamnya. 

Berbagai lahan studi Islam menjadi perhatiannya, mulai dari studi mengenai al-Qur`an, sunnah, tafsir, Fiqih, ekonomi Islam, masalah perempuan, hingga dunia sastra pun tidak dikesampingkan olehnya. Dalam bidang yang terakhir ini (sastra), selain menulis sejumlah diwan syi’ir (kumpulan syair), al-Qaradhawi telah menghasilkan dua karya yang berbentuk dialog drama yaitu Yusuf ash- Shiddiq dan ‘Alim wa ath-Thagiyah. 

Sikap al-Qaradhawi yang terbuka dan moderat serta mau berdialog dengan semua kalangan menjadikan pemikirannya progresif dan inovatif serta mempunyai akar yang kuat. 

Sikap ini pada akhirnya hal itu membuahkan kemampuan untuk menjawab masalah-masalah kontemporer secara cerdas dan cermat serta diterima kebanyakan umat Islam.

Yusuf al-Qaradhawi lahir di sebuah desa bernama Safat Turab, Mesir pada tanggal 9 September 1926 M. Nama lengkapnya Muhammad Yusuf Al- Qaradhawi. 

Dia berasal dari keluarga yang taat menjalankan ajaran agama Islam, ketika berusia 2 tahun, ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak yatim, ia diasuh oleh pamannya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda