Rukun Umrah yang Perlu Dilakukan dengan Tertib, Lengkap dengan Wajib Umrah dan Larangannya

Rilo Pambudi · Kamis, 07 Juli 2022 - 11:20:00 WIB
Rukun Umrah yang Perlu Dilakukan dengan Tertib, Lengkap dengan Wajib Umrah dan Larangannya
Rukun umrah (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Rukun umrah menjadi hal wajib diketahui oleh setiap Muslim. Khususnya untuk mereka yang akan melaksanakan ibadah tersebut.

Umrah merupakan ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini juga sering disebut sebagai haji kecil. Pasalnya, terdapat pula prosesi menjalankan tawaf, sa'i, serta bercukur demi mengharap ridha Allah SWT. 

Secara bahasa memiliki makna ziarah. Sedangkan secara syar’i dan terminologi fiqih, umrah artinya mengunjungi Makkah atau Baitullah untuk melaksanakan ibadah dengan melakukan tata cara tertentu.

Hukum umrah menurut Imam Syafi'i dan Imam Hambali dikatakan wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu. Sementara menurut Imam Hanafi dan Imam Malik, menunaikan ibadah umrah hukumnya sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan.

Selain itu ada juga syarat wajib umrah yang cukup mendasar untuk dipenuhi. Antara lain beragama Islam, baligh, berakal sehat, mampu, dan merdeka.

Jika ada syarat wajib, maka apa dan bagaimana rukun umrah itu sendiri? Dilansir iNews.id dari Umrah Travel Halal, Kamis (7/7/2022), berikut ini adalah rukun umrah yang perlu diperhatikan dengan tertib.

Rukun Umrah:

1. Ihram dan Niat dari Miqat

Berihram artinya mengkondisikan diri dalam keadaan suci yang menandai dimulainya ibadah umrah setiap jamaah. Rukun Umrah ini dimulai dengan membaca niat hingga mengenakan pakaian ihram sebagai penutup aurat dan menjaga kebersihan.

Berikut niat umrah yang dibaca mulai dari Miqat yang telah ditentukan: 

نَوَيْتُ العُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهَا لِلهِ تَعَالَى لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بعُمْرَة 

Nawaitul ‘umrata wa ahramtu bihi lillahi ta’ala labbaika Allahumma ‘umratan. 

Artinya; Aku niat melaksanakan umrah dan berihram karena Allah Swt. Aku sambut panggilanMu, ya Allah untuk berumrah.

2. Tawaf

Tawaf adalah rukun umrah yang harus dilakukan setelah berihram. Tawaf merupakan ritual berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran yang dimulai dari Hajar Aswad dengan arah berlawanan jarum jam. Setelah selesai tawaf, jamaah disunnahkan untuk shalat di belakang Maqam Ibrahim. 

3. Sa’i

Sa’i dalam rukun umrah merupakan prosesi berjalan kaki atau berlari-lari kecil secara bolak-balik sebanyak tujuh kali dari bukit Shafa ke Marwah dan sebaliknya. Namun, bagi jamaah yang sakit, memiliki keterbatasan, atau tidak mampu berjalan, maka diperbolehkan untuk melakukan sa’i menggunakan kursi roda sendiri atau bantuan yang telah disediakan.

Ketika melintas di antara bukit Shafa dan Marwah, jamaah laki-laki disunahkan untuk berlari-lari kecil. Sedangkan, bagi jamaah perempuan disunnahkan untuk berjalan saja.

4. Tahallul

Setelah melaksanakan Sa’i, rukun umrah yang berikutnya adalah tahallul. Tahallul yaitu memotong rambut untuk mengharap ridha Allah. Untuk jamaah laki-laki, paling sedikit harus tiga helai rambut. Sementara untuk jamaah perempuan cukup menggunting ujung rambutnya, paling sedikit tiga helai juga.

Jika sudah melakukan tahallul, maka segala macam larangan dalam masa ihram sudah diperbolehkan atau dihalalkan (tahallul). 

5. Tertib

Rukun umrah yang terakhir dan tidak kalah penting adalah tertib. Artinya, semua rukun umrah hendaknya dikerjakan secara tertib atau berurutan.

Wajib Umrah

Selain rukun umrah, terdapat pula wajib umrah yang harus dipenuhi ketika sedang melaksanakan ibadah haji kecil tersebut. Jika meninggalkan wajib umroh, maka bisa diganti dengan membayar dam (denda). Berikut adalah wajib umrah yang perlu diperhatikan:

- Ihram dari Miqat

Ihram dari miqat di sini terbagi menjadi dua yaitu:

-Miqat Yamani yaitu batas waktu yang diperbolehkan untuk memulai niat (ihram). Miqat Yamani merupakan ketentuan waktu untuk melaksanakan ibadah haji. Sementara, untuk umrah, miqat zamani berlaku sepanjang tahun.

-Miqat Makani yaitu batas miqat yang ditentukan berdasarkan tempat. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda