Hikmah

8 Sunnah Khutbah Jumat Lengkap dengan Penjelasan dan Haditsnya

Kastolani ยท Kamis, 28 Oktober 2021 - 21:10:00 WIB
8 Sunnah Khutbah Jumat Lengkap dengan Penjelasan dan Haditsnya
Sunnah Khutbah Jumat di antaranya memegang tongkat dan berdiri di atas mimbar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Sunnah khutbah Jumat penting diketahui bagi khotib atau orang yang berkhutbah dalam pelaksanaan sholat Jumat agar mendapat keutamaan.  

Beberapa sunnah dalam khutbah Jumat di antaranya berdiri di atas mimbar, menghadapkan wajah ke jamaah atau hadirin, mengawali dengan salam, duduk sebelum khutbah. Selain itu, adzan di depan khatib, mengeraskan suara dan menyingkat khutbah, serta memegang tongkat.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ahmad Sarwat MA dalam bukunya Hukum-Hukum terkait Ibadah Shalat Jumat menjelaskan, khutbah Jumat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian ibadah shalat Jumat.

Umumnya para ulama sepakat bahwa khutbah Jumat termasuk syarat sah dari shalat Jumat, dimana shalat Jumat menjadi tidak sah apabila tidak didahului dengan dua khutbah. 

Dasarnya adalah bahwa Rasulullah SAW tidak pernah berkhutbah Jumat kecuali khutbah terdiri atas dua khutbah yang diselingi dengan duduk di antara keduanya. 

Jumhur ulama sepakat menyebutkan bahwa kedudukan kedua khutbah ini menjadi pengganti dari dua rakaat shalat Dzhuhur. Sedangkan bagi mazhab Al-Hanfiyah, yang disyaratkan hanya satu khutbah saja. Khutbah yang kedua bagi mereka hukumnya sunnah. 

Adapun Sunnah Khutbah Jumat di antaranya:

1. Khutbah Di Atas Mimbar   

Disunnahkan oleh para ulama agar khatib berdiri di atas mimbar ketika menyampaikan khutbahnya. Hal itu sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pada setiap kali Nabi SAW menyampaikan khutbahnya, yaitu Nabi SAW naik ke atas mimbar.

Diutamakan posisi mimbar itu di sebelah kanan dari imam ketika menghadap ke kiblat. Karena seperti itulah keadaan mimbar Nabi SAW.
Bila tidak ada mimbar, maka disunnahkan agar khatib naik ke atas suatu benda yang tinggi, agar bisa melihat dan terlihat oleh semua hadirin. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: