10 Hal yang Bisa Kurangi Stres di Rumah, Salah Satunya Permen Karet

Diaz Abraham ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 22:23 WIB
10 Hal yang Bisa Kurangi Stres di Rumah, Salah Satunya Permen Karet

Permen karet bisa kurangi stres. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini diberlakukan, banyak laporan menunjukkan bila rasa stres seseorang semakin meningkat. Hal ini karena kita sulit melakukan aktivitas seperti sedia kala dan gelombang PHK yang terjadi serta berimbas pada ekonomi masyarakat.

Mengatasi hal ini, ada 10 hal yang bisa dilakukan seperti olahraga hingga mengunyah permen karet. Berikut ulasan lengkapnya seperti iNews.id kutip dari Boldsky, Sabtu (23/5/2020).

1. Olahraga

Aktivitas fisik secara teratur dapat menghilangkan stres dan dapat meningkatkan produksi endorphin dalam tubuh. Olahraga dapat mengalihkan rasa khawatir selama PSBB karena fokus pada kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan yoga atau meditasi.

2. Minum teh hijau

Minuman ini dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda. Teh hijau memiliki katekin, kafein, dan asam amino. L-theanine adalah asam amino yang telah terbukti menurunkan gejala stres dan dapat membantu mengatasi kecemasan.

3. Konsumsi permen karet

Sebuah penelitian menemukan, permen karet dapat menurunkan tingkat stres di tempat kerja atau luar pekerjaan, mengurangi kecemasan dan mengurangi kelelahan, sehingga meningkatkan mood. Studi lain melaporkan bahwa orang yang mengunyah permen karet setiap hari merasakan tingkat stres yang lebih rendah.

4. Konsumsi makanan seimbang

Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang memiliki dampak besar pada suasana hati dan emosi Anda. Ini dapat meningkatkan suasana hati dan membantu Anda mengatasi stres. Konsumsilah makanan sehat seperti alpukat, ikan berlemak, kacang-kacangan, oatmeal, telur, beri, biji-bijian, buah jeruk dan sayuran berdaun hijau untuk membantu menurunkan tingkat stres.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat memperburuk tingkat kecemasan dan stres Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kecemasan. Jadi, cobalah untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

6. Tidur nyenyak

Tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam di malam hari dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan Anda. Tidur malam yang baik akan membantu Anda mengatasi stres hari itu dengan lebih mudah dan mengurangi risiko gangguan tidur.

7. Aromaterapi

Aromaterapi adalah metode perawatan yang melibatkan penggunaan minyak esensial aromatik untuk memperbaiki psikologis atau fisik. Aromaterapi dikenal untuk menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati dengan bantuan minyak esensial seperti lavender, mawar, Roman chamomile, cendana, oranye, dan geranium. Minyak esensial chamomile telah terbukti mengurangi stres dan kecemasan dengan menenangkan saraf. Meningkatnya tingkat stres dan kecemasan dapat menyebabkan insomnia. Menghirup minyak esensial chamomile dapat memiliki efek menenangkan pada otak dan dapat membantu mengobati insomnia dan mengurangi stres.

8. Menulis

Ekspresikan pikiran dan perasaan Anda dengan menuliskannya di atas kertas. Menulis dapat membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan. Tuliskan apa yang Anda syukuri dan fokuskan pada hal-hal positif.

9. Jalan-jalan

Jalan-jalan di lingkungan Anda dan nikmati pemandangan di luar, karena dapat membantu menghilangkan stres. Luangkan waktu dari jadwal Anda dan berjalan-jalan di taman untuk membantu meremajakan pikiran Anda.

10. Habiskan waktu dengan teman dekat dan keluarga

Dalam masa-masa penuh tekanan ini, penting untuk berbicara dengan teman dan keluarga dekat Anda karena itu akan membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan dengan cara yang jauh lebih baik. Bicaralah dengan mereka tentang apa yang Anda rasakan karena mereka dapat membantu Anda mengatasi masalah yang dihadapi.

Editor : Tuty Ocktaviany