Bunda dan Ayah, Ini Manfaat Bonding dengan Buah Hati

Siska Permata Sari · Kamis, 23 Juli 2020 - 18:14:00 WIB
Bunda dan Ayah, Ini Manfaat Bonding dengan Buah Hati
Ibu memberikan kasih sayang kepada anak. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Anak tidak hanya memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup untuk keseharian agar tumbuh kembang menjadi optimal. Anak juga memerlukan stimulasi dan tidak kalah penting adalah kasih sayang orangtua.

Menunjukkan kasih sayang dengan anak sangat perlu untuk membangun ikatan atau koneksi orangtua, baik ayah dan ibu pada si kecil. Salah satu caranya dengan rutin bonding bersama anak lewat kegiatan sehari-hari.

“Bonding ini adalah rasa kasih sayang dari orangtua untuk si buah hati yang bisa dirasakan saat kita melakukan kegiatan yang hangat pada anak kita. Bonding juga menjadi salah satu pintu untuk membangun attachment dan kedekatan emosi antara anak dan orangtua,” kata Psikolog Anak Saskhya Prima saat acara peluncuran virtual Like I'm Five, Kamis (23/7/2020).

Dia mengatakan, anak memerlukan momen bonding karena pada dasarnya manusia membutuhkan rasa nyaman, aman dan saling terhubung. Koneksi tersebut butuh dibangun sejak kecil, karena itu bayi yang baru lahir disarankan untuk langsung didekap oleh ibunya.

“Kegiatan bonding ini enggak perlu waktu yang spesial kayak harus travelling bersama anak, enggak. Bonding ini bisa dilakukan di kegiatan sehari-hari dan dalam kurun waktu yang singkat,” ujarnya.

Saskhya menerangkan, banyak cara untuk bonding bersama anak. Mulai dari mendongeng atau story telling, bermain bersama anak, hingga melakukan kegiatan sederhana dan sehari-hari seperti menyentuh anak secara fisik.

“Perlu ditekankan bahwa sentuhan orangtua pada anak itu sangat penting. Sentuhan merupakan kunci perkembangan anak yang pertama, mengingat indera sentuhan adalah indera pertama yang dirasakan si kecil,” katanya.

Menyentuh anak dapat membangun kelekatan emosi yang sehat dengan orangtua. Selain itu, kegiatan ini juga membantu otak sosial anak dan sebagai dasar perkembangan emosi yang sehat.

“Sentuhan membuat anak merasa berharga, dan menurunkan kecemasan atau stres yang sedang dirasakan anak,” ucap dia.

Editor : Tuty Ocktaviany