Bunda, Ini Pentingnya Mendongeng Bersama Anak

Siska Permata Sari · Rabu, 22 Juli 2020 - 08:34:00 WIB
Bunda, Ini Pentingnya Mendongeng Bersama Anak
Ada manfaat penting orangtua mendongeng untuk anak. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Orangtua mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan mendasar buah hati. Tak hanya nutrisi, hal yang tak kalah penting adalah stimulasi pada anak untuk tumbuh kembang yang optimal.

Banyak cara untuk menstimulasi si kecil. Salah satunya melalui dongeng. Mengapa?

Psikolog Klinis Dra Ratih Ibrahim, MM, mengatakan, dongeng mempunyai banyak manfaat untuk memaksimalkan perkembangan anak.

Mendongeng merupakan kegiatan yang seru dan ternyata dapat menstimulasi motorik, kognitif, sosialisasi, bahasa, dan kesehatan pada anak,” ujarnya dalam konferensi pers virtual ‘Dongeng Aku Dan Kau oleh Nestle Dancow’, Selasa (21/7/2020).

Dia menjelaskan, mendongeng dapat menstimulasi motorik halus dan kasar. “Anak bisa terlatih motorik halusnya dengan ikut membolak-balik halaman buku dan menelusuri gambar. Mendongeng juga melatih motorik kasar dengan misalnya mengajak anak mengikuti gerakan karakter,” tuturnya.

Tak hanya itu, mengajak anak membaca buku dongeng juga melatih kognitif dan meningkatkan rasa ingin tahu serta minat baca pada anak. “Mendongeng bisa mengasah kemampuan anak dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan berimajinasi,” kata Ratih.

Dia melanjutkan, dengan dongeng, orangtua juga bisa menstimulasi perkembangan kecerdasan emosional dan mengajari memahami norma sosial. “Dongeng juga membuat anak belajar mengekspresikan perasaan dan berempati,” katanya.

Hal lainnya lagi adalah dongeng secara tidak langsung mengajari komunikasi pada buah hati. “Membacakan dongeng pada anak akan meningkatkan kosa kata mereka, sehingga mereka lebih terampil dalam berkomunikasi,” kata dia.

Terakhir, mendongeng juga menjadi cara menyenangkan untuk mengedukasi anak tentang nilai-nilai yang baik. Mulai dari prilaku hingga pola hidup yang baik.

Editor : Tuty Ocktaviany