Christine Hakim Artis Peraih Penghargaan Film Terbanyak, Begini Kehidupannya Sekarang

Siska Permata Sari · Minggu, 01 Agustus 2021 - 11:06:00 WIB
Christine Hakim Artis Peraih Penghargaan Film Terbanyak, Begini Kehidupannya Sekarang
Christine Hakim dikenal sebagai artis terbaik Indonesia sejak era 1970-an hingga kini masih aktif di dunia film. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Nama Christine Hakim tentu sudah tak lagi asing di industri perfilman Tanah Air. Artis senior Indonesia ini telah berkecimpung dunia perfilman sejak dia berusia 17 tahun di era 1970-an. 

Film pertamanya adalah Cinta Pertama, garapan sutradara Teguh Karya, yang tayang pada 1973. Lewat filmnya inilah Christine Hakim muda mendapatkan penghargaan perdananya sebagai seorang aktris. Tak tanggung-tanggung, dia meraih kemenangan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 1974.

Kemenangan itulah yang membuatnya semakin mantap terjun di dunia film. Sebab sebelumnya, pemilik nama lengkap Herlina Christine Natalia Hakim tersebut memiliki cita-cita sebagai seorang arsitek atau psikolog.

Sejak era 1970-an itulah dia banyak membintangi film-film Tanah Air, baik  sebagai pemeran utama, maupun pendukung. Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 30 film yang dia bintangi. 

Lewat puluhan film tersebut, sudah banyak penghargaan bergengsi yang dibawanya pulang. Beberapa di antaranya yakni Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI untuk beberapa filmnya seperti Sesuatu yang Indah, Pengemis dan Tukang Becak, Di Balik Kelambu, Kerikil-Kerikil Tajam, dan Tjoet Nja' Dhien.

Kemudian, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di FFI lewat film Pendekar Tongkat Emas (2015), Kartini (2017), dan Perempuan Tanah Jahanam (2020). Selain itu, Christine Hakim juga menerima Penghargaan Seumur Hidup di FFI 2016 dan Lifetime Achievement Award di Indonesian Movie Actors Awards 2017.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: