Deretan Artis dan Pelawak yang Lahir dan Berkarier di Jakarta

Vania Ika Aldida · Selasa, 22 Juni 2021 - 14:10:00 WIB
Deretan Artis dan Pelawak yang Lahir dan Berkarier di Jakarta
artis Betawi dari Benyamin S hingga Mandra. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Tepat hari ini, Selasa, 22 Juni 2021, DKI Jakarta genap berusia 494 tahun. Jakarta bahkan menjadi salah satu kota yang mampu melahirkan beberapa seniman-seniman asal Betawi yang hingga kini namanya masih terus teringat walau telah tiada.

Berikut deretan artis asal Betawi yang berhasil dihimpun oleh tim iNews.id:

1. Benyamin Sueb

Siapa tak kenal Benyamin Sueb? Artis Betawi yang multitalenta dan semasa hidupnya cukup sukses menjadi seorang artis, penyanyi, pelawak, hingga sutradara.

Meski telah meninggal pada beberapa tahun lalu, di usianya yang baru 56 tahun, Benyamin Sueb hingga kini masih terus dikenang sebagai salah satu ikon Betawi. Pasalnya di dunia hiburan tanah air, dia berhasil mengeluarkan 75 album musik, serta bermain dalam 53 judul film.

2. Mpok Nori

Pemilik nama asli Nuri Sanuri ini merupakan pendiri dari Grup Lenong Sinar Noray. Sebelum meninggal dunia pada 2015 lalu, Mpok Nori masih cukup aktif sebagai seniman Betawi.

Beberapa acara komedi, sinetron dan film bahkan sempat ia mainkan sejak tahun 90-an. Sebut saja Lenong Betawi, Pepesan Kosong, Hantu Biang Kerok, Get Married 2 & 3, Sule Detektif Tokek, hingga yang terakhir, Malam Suro di Rumah Darmo.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2