Fakta-Fakta Eddy Sud, Pelawak dan Aktor Legendaris Perintis Industri Hiburan Indonesia

Nandha Aprilianti · Kamis, 23 September 2021 - 21:00:00 WIB
Fakta-Fakta Eddy Sud, Pelawak dan Aktor Legendaris Perintis Industri Hiburan Indonesia
Eddy Sud bersama Benyamin S dalam sebuah cover album. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Eddy Sud merupakan aktor legendaris yang banyak dikenang para penggemar. Pria bernama asli Eddy Sudihardjo ini telah menghasilkan banyak karya.

Bakat aktingnya membuat Eddy Sud bisa berkecimpung di berbagai genre film mulai dari komedi hingga horor. Mengutip berbagai sumber, berikut fakta-fakta Eddy Sud yang iNews.id rangkum pada Kamis (23/9/2021).

1. Memulai karir pada 1960

Eddy pernah menjadi pelawak tunggal, hingga akhirnya bertemu dengan Us Us dan berduet bersama pada tahun 1959. Meski begitu, seiring perkembangannya, Eddy membentuk grup lawak Kwartet Jaya bersama Bing Siamet, Iskak dan Ateng (1967). 

Grup lawak ini segera mengukuhkan diri sebagai kelompok lawak paling terkenal pada tahun 1970-an.

2. Lulusan Universitas Gadjah Mada

Setelah lulus SMA De Britto, Eddy Sud menyelesaikan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada. Universitas yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia pada 19 Desember 1949 itu memang telah banyak meluluskan tokoh Indonesia.

3. Sukses jadi pelawak

Eddy sempat jadi pelawak tunggal, tapi kemudian membuat grup lawak yang diberi nama EBI bersama dengan Bing Slamet dan Iskak. Di tahun 1967, tim pun bertambah dengan bergabungnya Ateng dan membentuk grup lawak bernama Kwartet Jaya yang dipimpin oleh Eddy. 

Grup lawak Kwartet Jaya itu kemudian mengalami perubahan setelah Bing Slamet meninggal dunia. Tak lama setelahnya Kwartet Jaya pun membubarkan diri. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: