Kiswah

Keutamaan Membaca Shalawat, Kyai Misbah: Allah SWT Balas 10 Kali Lipat

Rizqa Leony Putri ยท Senin, 31 Agustus 2020 - 19:22 WIB
Keutamaan Membaca Shalawat, Kyai Misbah: Allah SWT Balas 10 Kali Lipat

Kyai Misbah ingatkan keutamaan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Seorang Muslim jangan lupa untuk sering membaca shalawat. Pasalnya, ini merupakan salah satu bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Secara bahasa, shalawat atau selawat berasal dari kata salat yang berarti doa atau seruan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk mendoakan dan memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan.

KH Misbahul Munir (Kyai Misbah) menjelaskan, shalawat merupakan ibadah yang sangat khusus. Sebab, Allah SWT mencontohkan sendiri sebelum memerintahkan kepada malaikat. Setelah itu, barulah diperintahkakn kepada umat Islam.

"Shalawat ini merupakan ibadah yang sangat khusus, karena Allah sendiri yang mencontohkan, kemudian diperintahkan langsung kepada malaikat. Baru setelah itu diperintahkan kepada kita kaum muslimin, muslimat, mukminin dan mukminat," ujar Kyai Misbah, seperti dikutip dari Kiswah, iNews pada Senin (31/8/2020).

Shalawat sendiri jika datangnya dari Allah SWT, diartikan sebagai pemberian rahmat. Kemudian jika dari malaikat, hal itu berarti meminta ampunan, serta jika datang dari mukmin, hal itu sebagai sebuah doa agar diberi rahmat.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat Allah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah dicontohkan oleh Allah dan malaikat-Nya, baru kemudian Allah memerintahkan, 'Hai orang-orang yang beriman, bacalah shalawat kepada Nabi dan bacakan salam kepada Nabi dengan sebaik-baiknya, dengan sekhusyuk-khusyuknya," tutur Kyai Misbah.

Tak hanya itu, Kyai Misbah menjelaskan bahwa setiap satu kali shalawat yang dibacakan kepada Rasulullah, maka Allah SWT akan membalasnya 10 kali lipat. Bahkan balasan tersebut diberikan kepada tiap-tiap mukmin yang membacakannya.

"Kemudian Nabi Muhammad SAW mengingatkan kepada kita, betapa pahala keutamaannya luar biasa. Barang siapa membaca shalawat satu kali kepadaku, maka Allah akan membalas 10 kali lipat. Akan diberikan kepada seluruh orang yang membaca shalawat kepadaku walaupun hatinya lalai. Ini luar biasanya membaca shalawat," kata Kyai Misbah.

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat Dr. KH. Cholil Navis menambahkan, keutamaan bershalawat dapat diamalkan salah satunya dengan mengawali doa dengan shalawat. Hal itu agar nantinya diharapkan doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah SWT.

"Betapa pentingnya shalawat. Kalau kita berdoa awali dengan shalawat, pasti diterima oleh Allah, tapi belum tentu pasti dikasih. Kenapa? Karena kadang-kadang kita belum bakat menerima sesuatu yang kita minta," ucap Kyai Cholil.

Menurutnya, shalawat memiliki banyak keutamaan yang akan didapat oleh orang-orang yang mengamalkannya. Tak hanya itu, shalawat dapat dilaksanakan di segala tempat, serta segala keadaan.

"Jadi, shalawat itu dipakai segala tempat, segala waktu, karena Allah dan para malaikat bershalawat. Betapa agungnya shalawat," ujarnya.

Editor : Tuty Ocktaviany