Pelawak Legendaris Darto Helm Bersinar Bersama Grup Lawak Bagyo Cs

Melati Pratiwi · Sabtu, 18 September 2021 - 13:51:00 WIB
Pelawak Legendaris Darto Helm Bersinar Bersama Grup Lawak Bagyo Cs
Darto Helm bersama S Bagio dalam satu panggung dan film. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Darto Helm merupakan salah satu pelawak legendaris Indonesia yang tergabung dalam grup lawak Bagyo CS bersama S. Bagio, Diram dan Sol Saleh.  

Penampilan Darto begitu khas dengan rambut yang menyerupai helm. Hal ini jugalah yang mudah dia diingat. Dikutip dari berbagai sumber, rambut bagian depan Darto berhenti tumbuh sejak usia 20 tahun. Kemudian kebotakan terus menyebar ke belakang, sampai akhirnya dia memiliki rambut yang seakan-akan seperti sedang memakai helm.

Darto berkarier sebagai pelawak bersama dengan Bagyo CS, begitu banyak aksi konyol yang diperankannh demi menghibur penonton. Mulai dari drama panggung, acara televisi, hingga film. 

Pada saat popularitas Bagyo CS makin melejit. Para anggotanya pun beradu akting di film yang berjudul “Buah Bibir” di tahun 1972. Film tersebut merupakan film pertama yang dibintangi oleh Darto Helm.

Di samping itu, ada juga film yang dibintangi Bagyo CS berjudul Boss Bagyo dalam Gembong Ibu Kota tahun 1976. Di film ini Bagio digambarkan sebagai boss dari sindikat ibu kota. Walau judulnya menyangkut nama Bagyo, pentolan dari grup lawak Bagyo CS, akting semua anggota grup tersebut di film ini pun tidak kalah menonjol sebab sebenarnya film ini lebih cenderung menyuguhkan guyonan dari Bagyo CS. termasuk Darto.

Bagyo memang sebagai pentolan grup, tapi Darto Helm tak kalah cemerlang memerankan setiap aksi kocak di panggung. Sebut saja pada sebuah kesempatan di tahun 1983, Bagyo CS beraksi disebuah acara dan saat itu Darto mencuri spotlight dengan berlagak menyanyikan sebuah lagu berjudul “Mandi Madu” bersama band pengiring.

Namun ternyata memang, selain pandai sebagai komedian yang mengundang gelak tawa penonton Darto Helm aslinya benar-benar bisa  bernyanyi. Meskipun tidak begitu jago, setidaknya kemampuan ini lebih baik dibandingkan rekan-rekannya di Bagyo CS.

Bahkan Darto Helm sudah menyukai dunia tarik suara, sebelum jadi komedian. Melansir dari sebuah sumber sang adik, Widyono, mengungkapkan awalnya Darto datang ke Jakarta karena keinginannya menjadi penyanyi. Dia pun ternyata terinspirasi dari sosok Bing Slamet yang punya ciri khas menggabungkan komedi dengan nyanyian .

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: