Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Covid-19, Harus Lebih Familiar dengan Sistem Digital
 
                 
                "Jika sebelum pandemi perusahaan memanggil pencari kerja dengan menelepon atau menghubungi via E-mail untuk datang langsung bertatap muka, yang dilakukan saat ini semuanya melalui basis virtual," ujar Faridah.
Faridah menekankan, relevansi dalam kemampuan yang dimiliki para pencari kerja menjadi hal yang sangat penting. Sebab saat ini, kebutuhan perusahaan telah banyak berubah dibandingkan dengan sebelum masa pandemi berlangsung.
"Relevansi dengan skill yang dibutuhkan, seorang pencari kerja itu harus relevan dengan saat ini. Skill dan kemampuan yang dicari sudah berbeda dengan sebelumnya, salah satunya adalah keharusan untuk lebih familiar dengan teknologi," kata Faridah.
Tak jauh berbeda, HR Services Assistant Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Sri Lestari Sukarno menyampaikan bahwa perusahannya cukup mementingkan akses komunikasi. Hal itu mulai dilihat sejak dilaksanakannnya wawancara kepada para pencari kerja.
"Sekarang ini memang kami tidak bisa melihat sosok orangnya langsung, tapi yang terpenting itu untuk komunikasi mereka harus bisa, jangan sampai mau interview kita jadi menunggu. Itu menurut kami makan waktu. Jadi, dia harus sudah ready," ujar Sri Lestari.