5 Kisah Menakjubkan Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa

Ami Heppy S ยท Sabtu, 02 Juli 2022 - 21:15:00 WIB
5 Kisah Menakjubkan Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa
Kisah Menakjubkan Ratu Elizabeth dari Masa ke Masa. Ratu Elizabeth memakai tongkat saat menghadiri layanan Gereja Westminster Abbey, Selasa (12/10/2021). (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah kisah menakjubkan Ratu Elizabeth II dari masa ke masa yang menarik untuk dibahas. Ratu Elizabeth II menjadi raja Inggris terlama dalam sejarah, melampaui pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima kisah menakjubkan Ratu Elizabeth II dari masa ke masa.     

Kisah Menakjubkan Ratu Elizabeth dari Masa ke Masa

1. Bergabung dengan Tentara Wanita

Saat terjadi perang antara Inggris melawan Nazi Jerman tahun 1940-1945, siapa sangka jika Ratu Elizabeth pernah terlibat langsung dalam perang.

Saat itu Ratu Elizabeth yang masih berusia 16 tahun diketahui tergabung dalam Korps Tentara Wanita Inggris bernama Auxiliary Territorial Service (ATS) pada tahun 1945. ATS ini bertugas mengantar kebutuhan logistik para tentara Inggris ke pangkalan-pangkalan udara Inggris atau Royal Air Force.

Meski berstatus putri mahkota, Ratu Elizabeth II kala itu tidak diperlakukan secara khusus dalam satuan militernya tersebut. Sejak saat itu, Sang Ratu pun sangat lihai mengendarai mobil jeep militer, mengendarai mobil hingga mereparasi mobil sendiri.

2. Pernikahan Ratu Elizabeth II

Pasangan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philips merupakan pasangan terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris. Dikutip dari US Magazine, Ratu Elizabeth yang kala itu berusia 8 tahun bertemu dengan Philip saat menghadiri pernikahan Putri Marina dan Pangeran George.
 
Lima tahun kemudian, mereka kembali bertemu saat mereka berada Royal Naval College di Dartmouth. Keduanya pun jatuh cinta dan mulai bertukar surat.

Mereka bertunangan pada Juli 1947 dan menikah pada bulan November di Westminster Abbey, London.

3. Penobatan Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth naik tahta pada usia 25 tahun menggantikan sang ayah, Raja George VI. Penobatan Ratu Elizabeth II dilakukan pada 2 Juni 1953. Melansir History, penobatan yang diadakan di Westminster Abbey ini disiarkan secara langsung di televisi dan disaksikan sekitar 27 juta orang.

Tak hanya itu, sekitar 3 juta orang berbaris di sepanjang rute saat ratu dan rombongannya melakukan prosesi lambat mereka kembali ke Istana Buckingham.
 

4. ‘Walkabout’ Pertama

Selama melakukan kunjungan ke Australia dan Selandia Baru bersama Pangeran Philip dan Putri Anne tahun 1970, Ratu Elizabeth II melawan tradisi kerajaan yang sudah ada selama berabad-abad.

Saat itu, Sang Ratu berjalan menyapa kerumunan orang secara langsung yang mana seharusnya ia hanya melambai kepada mereka dari jarak yang aman.

Walkabout pertama Ratu ini diusulkan oleh Sir William Heseltine, seorang Australia yang menjabat sebagai sekretaris pribadi Ratu.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda