Akhirnya Rusia dan Ukraina Sepakat Perpanjang Ekspor Biji-bijian

Anton Suhartono ยท Sabtu, 18 Maret 2023 - 21:47:00 WIB
Akhirnya Rusia dan Ukraina Sepakat Perpanjang Ekspor Biji-bijian
Rusia dan Ukraina akhirnya sepakat memperpanjang ekspor biji-bijian melalui Laut Hitam (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan kesepakatan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam diperpanjang. Kesepakatan Rusia dan Ukraina yang ditengahi PBB dan Turki itu seharusnya berakhir hari ini, Sabtu (18/3/2023).

"Kesepakatan untuk koridor biji-bijian akan berakhir hari ini. Sebagai hasil dari pembicaraan dengan kedua pihak, kita mengamankan perpanjangan kesepakatan ini," kata Erdogan, dalam pidato di Kota Canakkale, seperti dikutip dari Reuters.

Kesepakatan perpanjangan ekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam karena ada perbedaan antara Rusia dan Ukraina.

Rusia meminta untuk memperbarui kesepakatan hanya 60 hari, setengah dari periode perpanjangan sebelumnya, sementara Ukraina bersikeras perpanjangan 120 hari.

Namun Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov mengatakan kesepakatan itu diperpanjang 120 hari lagi sebagaimana berlaku sebelumnya.

Sebelumnya Menlu Rusia Sergei Lavrov menuduh negara Barat sengaja mengubur kesepakatan ekspor biji-bijian yang diperjuangkan Sekjen PBB Antonio Guterres. Padahal pengiriman biji-bijian ke pasar global sangat penting guna menghindari ancaman kelaparan global.

Perjanjian ekspor biji-bijian antara Rusia dan Ukraina terhambat serangkain insiden penyerangan terhadap beberapa kapal yang mengangkutnya di Laut Hitam. Selain itu, negara Barat menjatuhkan sanksi bertubi-tubi kepada Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.



Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda