AS Pertimbangkan Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping di Tengah Ketegangan soal Asal Usul Covid

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 05:38:00 WIB
AS Pertimbangkan Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping di Tengah Ketegangan soal Asal Usul Covid
Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mempertimbangkan pertemuan antara Presiden Joe Biden dengan mitranya dari China, Xi Jinping.

Pernyataan ini disampaikan pejabat Gedung Putih di tengah ketegangan kedua negara soal isu Covid-19, tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap muslim Uighur di Xinjiang, serta masalah Hong Kong, Taiwan, dan lainnya.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan, dari pertemuan tersebut kedua pemimpin bisa mengetahui di mana posisi hubungan kedua negara.

"Segera kita akan duduk untuk mencari cara yang tepat bagi kedua presiden untuk terlibat," kata Sullivan, dikutip dari Reuters, Jumat (18/6/2021).

Menurut dia, setidaknya kedua pemimpin akan berbicara melalui telepon atau bahkan tatap muka. Agenda pertemuan yang paling mungkin adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Bisa berupa panggilan telepon, bisa juga pertemuan di sela-sela KTT internasional lainnya, bisa juga yang lain," tuturnya.

Biden dan Xi diperkirakan akan menghadiri pertemuan G20 pada Oktober di Italia, namun Sullivan menegaskan belum ada keputusan final yang dibuat.

Sementara itu saat disinggung soal penyelidikan lanjutan soal asal usul Covid-19 di China, Biden mengatakan dia dan Xi sudah saling kenal baik.

"Kami saling mengenal dengan baik. Kami bukan teman lama, ini murni urusan bisnis," ujarnya, tanpa menjelaskan secara detail.

Editor : Anton Suhartono