Baru 5 Hari Ditunjuk, Menteri Pendidikan Brasil Mundur Gara-Gara Gelar Akademik

Anton Suhartono ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 13:46 WIB
Baru 5 Hari Ditunjuk, Menteri Pendidikan Brasil Mundur Gara-Gara Gelar Akademik

Carlo Decotelli (kanan) bersama Jair Bolsonaro (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.id - Menteri Pendidikan Brasil Carlos Decotelli mengundurkan diri, Selasa (30/6/2020), atau hanya 5 hati setelah ditunjuk oleh Presiden Jair Bolsonaro.

Pengungunduran diri Decotelli disebabkan terungkapnya ketidakberesan dalam riwayat hidup. Bukan hanya itu, Decotelli juga dituduh melakukan plagiat dalam tesis untuk gelar master, namun dia membantahnya.

Media Brasil Folha de S.Paulo, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (1/7/2020), mengungkap, dalam rawat hidup tersebut tercantum gelar doktor dan pascadoktoral yang tidak selesai.

Sehari sebelum mengumumkan mundur, Decotelli bertemu dengan Bolsonaro untuk menjelaskan masalah ini.

Pada kesempatan itu dia terpaksa menolak jabatan menteri sehingga upacara pelantikan yang seharusnya digelar pada Selasa, batal.

Padahal, Bolsonaro sempat menyanjung pencapaian akademik Decotelli saat pertama kali menunjuknya pada Kamis pekan lalu.

Pria keturunan Afrika itu merupakan profesor di akademi Angkatan Laut Brasil.

Jika dilantik, dia merupakan menteri pendidikan ketiga di bawah pemerintahan Bolsonaro sejak masa jabatannya dimulai pada Januari 2019. Menteri pendidikan pertama hanya menjabat selama 3 bulan dan yang kedua, Abraham Weintraub, bertahan 14 bulan.

Salah satu yang diinginkan Bolsonaro terhadap pendidikan Brasil adalah menanamkan nila-nilai keluarga Kristen demi melawah pengaruh Marxist yang sudah mengakar dalam pendidikan formal Brasil selama bertahun-tahun.

Editor : Anton Suhartono