Belum Selesai Covid-19 Spanyol Diserang Virus West Nile, Renggut 2 Nyawa

Anton Suhartono ยท Jumat, 21 Agustus 2020 - 21:07:00 WIB
Belum Selesai Covid-19 Spanyol Diserang Virus West Nile, Renggut 2 Nyawa
Penampakan virus West Nile yang direkam Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Foto: CDC via AFP)

MADRID, iNews.id - Wabah virus West Nile yang disebarkan nyamuk telah merenggut dua nyawa di Spanyol serta menyebabkan 23 orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Virus menyerang Kota Coria del Rio dan La Puebla del Rio, keduanya terletak di sebelah rawa-rawa Guadalquivir.

Pemerintah daerah Andalusia telah menyemprot beberapa area lahan basah dengan pestisida untuk membunuh nyamuk dan menurunkan risiko penularan Virus West Nile serta mendesak masyarakat untuk memasang kelambu dan layar di rumah mereka.

Juru bicara departemen kesehatan wilayah Andalusia, seperti dikutip dari AFP, mengatakan, seorang perempuan berusia 85 tahun meninggal dunia pada Jumat (21/8/2020) di rumah sakit Seville. Sehari sebelumnya seorang pria 77 tahun juga mengembuskan napas terakhir akibat penyakit yang sama.

Sementara itu tujuh dari 23 orang yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif (ICU).

Virus West Nile dapat menyebabkan gejala mirip dengan flu, namun dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan menggigil, demam, koma, serta pembengkakan pada jaringan otak yang dikenal sebagai ensefalitis. Virus ini juga dapat menyebabkan meningitis.

Pertama kali ditemukan di Uganda pada 1937, West Nile dibawa oleh burung dan disebarkan ke manusia dengan perantara nyamuk. Selain Afrika, virus ini menyebar di Asia, Eropa, dan Australia.

Wabah itu terjadi di saat Spanyol sedang memerangi pandemi Covid-19. Spanyol merupakan salah satu negara terparah di Eropa yang diserang virus corona, yakni hampir 378.000 kasus infeksi, hampir 29.000 di antaranya meninggal dunia.

Editor : Anton Suhartono