China: AS Beri Sinyal yang Salah dan Berbahaya kepada Taiwan soal Kemerdekaan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 24 September 2022 - 12:47:00 WIB
China: AS Beri Sinyal yang Salah dan Berbahaya kepada Taiwan soal Kemerdekaan
Antony Blinken (kiri) dan Wang Yi bertemu di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - China menuduh Amerika Serikat (AS) mengirim sinyal yang sangat salah dan berbahaya kepada Taiwan. Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi bertemu dengan mitranya dari AS, Antony Blinken, di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, pada Jumat.

Seorang pejabat senior AS mengatakan, Taiwan menjadi fokus pembicaraan kedua diplomat top tersebut selama pertemuan 90 menit yang berlangsung blak-blakan dan apa adanya itu. Blinken, kata pejabat itu, mengatakan kepada mitranya, menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan sangat penting.

“Bagi kami, menteri sudah memperjelas, sesuai dengan kebijakan lama kami Satu China, yang sekali lagi tidak berubah, memelihara perdamaian dan stabilitas di Selat (Taiwan) sangat, sangat penting,” kata dia, dikutip dari Reuters, Sabtu (24/9/2022).

Sementara itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China, mengeluarkan pernyataan usai pertemuan, AS mengirim sinyal yang sangat salah dan berbahaya kepada Taiwan. Ditegaskan, semakin merajalelanya aktivitas menuju merajalelanya, semakin kecil pula kemungkinan adanya penyelesaian damai.

"Masalah Taiwan adalah urusan dalam negeri China dan Amerika Serikat tidak berhak ikut campur menggunakan metode apa pun untuk menyelesaikannya," bunyi pernyataan kemlu, mengutip pernyataan Wang.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda