Debat Cawapres AS, Pence ke Harris: Hentikan Politisasi Kematian Rakyat AS!

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 11:45 WIB
Debat Cawapres AS, Pence ke Harris: Hentikan Politisasi Kematian Rakyat AS!

Calon Wakil Presiden Partai Republik, Mike Pence (kiri) dan Cawapres Partai Demokrat, Kamala Harris. (foto: AFP)

SALT LAKE CITY, iNews.id - Debat pertama calon wakil presiden Amerika Serikat (AS) berlangsung panas, Kamis (8/10/2020) pagi WIB. Calon Partai Republik, Mike Pence, menyerang cawapres Partai Demokrat, Kamala Harris terkait kematian warga AS akibat Covid-19.

Debat calon wakil presiden AS digelar di University of Utah di Salt Lake City, Utah, AS. Jurnalis USA Today, Susan Page, didapuk sebagai moderator di debat pertama.

Tak berbeda jauh dengan debat capres, debat cawapres juga berjalan panas sejak awal. Bahkan, moderator sudah mengeluarkan peringatan keras pada dua kandidat agar berbicara sopan.

Dalam pidatonya, Pence yang merupakan calon petahana meminta Harris--calon wapres Joe Biden--agar berhenti mempolitisasi kematian rakyat AS akibat Covid-19.

"Berhenti bermain politik dengan kehidupan rakyat," kata Pence dikutip dari CNN.

Tak sampai disitu, Pence juga menuduh Harris tidak percaya vaksin Covid-19 yang tengah didorong oleh Presiden Donald Trump.

"Fakta bahwa Anda terus merongrong kepercayaan publik terhadap vaksin jika vaksin muncul selama Pemerintahan Trump. Menurut saya tidak masuk akal," lanjutnya.

Pernyataan Pence soal vaksin Covid-19 senada dengan yang diucapkan Trump dalam debat capres pertama. Di depan capres Partai Demokrat, Joe Biden, Trump mengatakan vaksin dipengaruhi kebijakan politik.

Setelah keluar dari rumah sakit akibat terinfeksi Covid-19, Trump sempat mengatakan bahwa dia mengapresiasi pengembangan vaksin Covid-19 dan memastikan seluruh rakyat Amerika Serikat akan mendapatkannya secara gratis.

Editor : Arif Budiwinarto