Di Tengah Pandemi Covid-19 Singapura Siapkan Bansos Rp5,8 Triliun untuk 1,4 Juta Warga

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 12:11 WIB
Di Tengah Pandemi Covid-19 Singapura Siapkan Bansos Rp5,8 Triliun untuk 1,4 Juta Warga

Singapura siapkan dana Rp5,8 triliun untuk 1,4 juta warga berpenghasilan rendah (foto: ist)

SINGAPORE, iNews.id - Di tengah ancaman resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Singapura menyiapkan dana bantuan sosial 570 juta dolar Singapura (Rp5,8 triliun) yang dialokasikan untuk 1,4 juta warganya.

Channel News Asia (CNA) melaporkan Kementerian Keuangan Singapura telah menentukan kriteria penerima dana bantuan tersebut yang termasuk di dalamnya voucher GST senilai 300 dolar Singapura (Rp3,1 juta).

Voucher GST (Goods and Services Tax) merupakan skema finansial permanen yang diperkenalkan pemerintah melalui Anggaran Keuangan Pemerintah pada 2012 untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam mengatasi kenaikan biaya hidup.

Mereka yang berhak menerima bantuan tunai tersebut harus berusia 21 tahun keatas dengan penghasilan maksimal 28.000 dolar Singapura (Rp287,7 juta) per tahun sesuai dengan penilaian ekonomi pada 2019.

Bagi yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai 150 hingga 300 dolar Singapura (Rp1,5-Rp3,1 juta) berdasarkan taksiran nilai tahunan rumah mereka. Bagi individu yang memiliki lebih dari satu properti tidak berhak mendapat bantuan GST.

Dalam pelaksanannya, Kementerian Keuangan Singapura memakai dua skema pembayaran yakni pemberian bantuan secara tunai serta mengirimkan cek ke alamat resmi. Pencairan dana bantuan GST direncanakan mulai tanggal 17 Agustus.

Oleh karena itu, Kementerian Keuangan mengingatkan pada penduduk yang memenuhi syarat penerima bantuan GST segera memberikan rekening bak sebelum tanggal 22 Juli.

Kemenkeu Singapura telah mengalokasikan bantuan GST senilai 410 juta dolar Singapura (Rp4,2 triliun). Sedangkan dana sebesar 160 juta dolar Singapura (Rp1,64 triliun) disiapkan bagi sekitar 545.000 penduduk yang berusia 65 tahun keatas. Masing-masing mereka akan menerima 450 dolar Singapura (Rp4,6 juta) yang masuk ke rekening tunjangan MediaSave mulai tangal 1 Agustus mendatang.

Verifikasi Data

Warga Singapura yang dinyatakan layak menerima bantuan tersebut dan sudah terdaftar akan mendapatkan notifikasi pesan singkat langsung ke nomor handphone yang mereka daftarkan.

Mereka juga diminta memastikan apakah pesan singkat tersebut dikirim langsung oleh GSTV guna mencegah potensi penipuan. Untuk melihat nominal voucher GST dan tunjangan MediSave secara online, warga bisa mengakses situs web dan menggunakan akun SingPass mereka.

Editor : Arif Budiwinarto