Inggris Hentikan Distribusi Buku Sekolah soal Konflik Israel-Palestina karena Menyesatkan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 03 April 2021 - 13:07:00 WIB
Inggris Hentikan Distribusi Buku Sekolah soal Konflik Israel-Palestina karena Menyesatkan
Penerbit Inggris menarik 2 buku pelajaran sekolah mengenai konflik Timur Tengah karena menguntungkan Yahudi (Foto: Amazon)

LONDON, iNews.id - Penerbit Inggris menghentikan pengiriman dua buku pelajaran sekolah mengenai konflik Israel-Palestina, yakni 'Conflict in the Middle East' dan 'The Middle East: Conflict, Crisis and Change' karena sangat menyesatkan.

Kedua buku itu pernah direvisi tahun lalu setelah muncul keberatan dari Dewan Deputi Yahudi Inggris, namun hasil revisi justru berat sebelah.

Hasil penelitian dua akademisi Inggris yang juga anggota komite untuk universitas Palestina, John Chalcraft dan James Dickins, menemukan hasil revisi tersebut sangat mendukung narasi Israel dan menghapus atau mengganti bagian yang mendukung Palestina.

Mereka mendapati rata-rata tiga perubahan per halaman terkait kekerasan yang dilakukan kelompok Arab atau Palestina yang ditambahi atau diintensifkan secara sistematis. Sementara itu insiden kekerasan yang dilakukan pemukim Yahudi justru dikurangi bahkan dihapus sepenuhnya.

Buku pertama berisi 10 contoh tindakan terorisme Yahudi Israel, dibandingkan dengan 32 referensi tentang kekerasan warga Palestina. Namun versi yang direvisi tahun lalu hanya menyebutkan empat insiden oleh pemukim Yahudi Israel, dibandingkan 61 oleh warga Palestina.

"Efek keseluruhan (dari perubahan) membuat buku-buku ini sangat menyesatkan," kata Charlcraft, dikutip dari Arab News, Sabtu (3/4/2021).

Sementara itu penerbit buku, Pearson, menyatakan prinsip dari penerbitan buku-buku tersebut adalah mendukung pengajaran periode penting dalam sejarah Timur Tengah secara adil, netral, dan seimbang. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2