Juan Pedro Franco, Pria Terbesar yang Mempunyai Berat Badan 590 Kg Asal Meksiko

Ami Heppy S ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:29:00 WIB
Juan Pedro Franco, Pria Terbesar yang Mempunyai Berat Badan 590 Kg Asal Meksiko
Juan Pedro Franco, Pria Terbesar yang Mempunyai Berat Badan 590 Kg Asal Meksiko (Foto: Global News)

JAKARTA, iNews.id - Inilah Juan Pedro Franco, pria terbesar yang mempunyai berat badan 590 kg asal Meksiko. Dengan berat badan tersebut, Juan Pedro Franco dijuluki sebagai pria terberat di dunia.

Kondisi ini menyebabkan Franco kesulitan untuk bergerak dan hanya bisa berbaring di atas tempat tidurnya. 

Tak hanya kesulitan bergerak, ia juga menderita sejumlah penyakit berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan masalah hambatan di paru-parunya.
Selengkapnya, berikut ini kisah Juan Pedro Franco yang menarik untuk dibahas.

Juan Pedro Franco, Pria Terbesar yang Mempunyai Berat Badan 590 Kg Asal Meksiko

Juan Pedro Franco merupakan pria asal Meksiko Utara yang pernah menjadi pria terberat di dunia.
Sertifikat Guinness World Records pernah disabetnya pada Oktober 2016, ketika berat badannya mencapai 595 kg.

Dokter pun mengkhawatirkan berbagai risiko yang bisa mengancam nyawa Franco apabila ia tidak mengurangi berat badannya. Saat itulah Franco memutuskan untuk menjalani dua kali operasi lambung.

Mengutip The Guardian, operasi pertama Franco dilakukan pada Mei 2017. Pada tahap ini, dilakukan operasi lengan lambung, yang melibatkan pengangkatan sebagian perut untuk mengurangi volumenya hingga 80 persen.

Enam bulan kemudian, Franco menjalani bypass lambung. Operasi kedua ini dilakukan dengan laparoskopi invasif minimal. Prosedur krusial ini memisahkan perut Franco jadi setengah agar kapasitasnya berkurang, juga mengurangi sebagian ususnya.

Franco yang saat itu berusia 33 tahun mengalami penyusutan berat badan menjadi 345 kg. Jose Antonio Castaneda yang merupakan ahli bedah bariatrik berharap agar Franco dapat menurunkan berat badannya sekitar 100 kg selama 1,5 tahun pada tahun berikutnya. 

Kendati tabung oksigen terus terhubung ke Franco dalam 24 jam sehari, tapi waktu berbaringnya di tempat tidur terus berkurang. 

Dengan menggunakan alat bantu jalan, dia berhasil mengambil langkah pertama. Dia memiliki satu mimpi besar. 

"Saya ingin bisa berjalan kaki lagi," ucap Franco.

Bukan Pria Terberat Pertama

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 58 persen orang di Amerika Latin dan Karibia mengalami kelebihan berat badan. 

Meksiko, Bahama dan Chile menjadi negara dengan tingkat obesitas tertinggi. Juan Pedro Franco bukan satu-satunya orang Meksiko yang pernah dinobatkan menjadi pria terberat di dunia.

Rekan senegaranya Manuel Uribe mengklaim gelar pada 2007 setelah menimbang 597 kilogram. Dia kemudian melakukan diet yang membuat bobotnya turun menjadi 394 kilogram.

Uribe menikah pada 2008. Namun, dia meninggal pada Mei 2014 di usia 48 tahun.

Itulah kisah tentang Juan Pedro Franco, pria terbesar yang mempunyai berat badan 590 kg asal Meksiko. Bagaimana menurutmu?

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda