Kanada Tak Lagi Biayai Keamanan Pangeran Harry dan Meghan

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 16:22 WIB
Kanada Tak Lagi Biayai Keamanan Pangeran Harry dan Meghan

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan. (FOTO: PETER NICHOLLS / POOL / AFP)

OTTAWA, iNews.id - Kanada tidak akan lagi membiayai keamanan bagi Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, mulai Maret mendatang. Kabar itu dikonfirmasi oleh kantor Menteri Keamanan Publik Kanada, Bill Blair, Kamis (28/2/2020) waktu setempat.

Pasangan kerajaan bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu tinggal di sebuah rumah di tepi lautan Provinsi British Columbia sejak November tahun lalu.

Bulan lalu, mereka membuat kejutan besar dengan mengumumkan keluar dari anggota Kerajaan Inggris yang aktif mewakili Ratu Elizabeth II.

Royal Canadian Mounted Police memberikan keamanan bagi pasangan itu di negara tersebut di bawah konvensi orang yang dilindungi secara internasional.

"Namun (pembiayaan) itu akan berakhir dalam beberapa pekan mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka," demikian pernyataan Royal Canadian Mounted Police, seperti dilaporkan AFP, Jumat (28/2/2020).

Warga Kanada menyambut kedatangan pasangan Kerajaan Inggris yang populer tersebut.

Menurut survei AFP, para pecinta monarki sangat senang, sementara kelompok-kelompok pariwisata cenderung pusing terkait perhatian global pada pasangan itu.

Namun jajak pendapat baru-baru ini menemukan bahwa 77 persen dari para pembayar pajak di Kanada tidak tertarik membayar biaya keamanan Harry-Meghan.

Editor : Nathania Riris Michico