Kasus Corona di Dunia Tembus 9 Juta, WHO: Pandemi Masih Berakselerasi

Anton Suhartono ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 06:31 WIB
Kasus Corona di Dunia Tembus 9 Juta, WHO: Pandemi Masih Berakselerasi

Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.id - Kasus virus corona di seluruh dunia menembus 9 juta orang hingga Senin (22/6/2020), tepatnya 9.176.90, terhitung sejak awal wabah di China pada akhir Desember 2019.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan wabah mematikan ini masih terus berakselerasi.

“Pandemi ini masih berakselerasi,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari AFP, Selasa (23/6/2020).

Dia menegaskan, wabah ini akan terus terjadi tanpa adanya kerja koletktif global untuk memeranginya.

Menurut dia, ancaman terbesar yang dihadapi dunia bukanlah virus corona, yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 465.000 orang, tapi kurangnya solidaritas dan kepemimpinan global.

"Kita tidak bisa mengalahkan pandemi ini dalam kondisi dunia terpecah. Politisasi pandemi juga telah memperburuk kondisi,” ujar mantan menteri luar negeri dan kesehatan Ethiopia itu.

Negara-negara yang mengalami kasus besar umumnya mereka yang awalnya menganggap remeh wabah ini, salah satunya Brasil.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro berulang kali meremehkan ancaman virus, termasuk membandingkannya dengan flu biasa. Dia menilai dampak ekonomi dari lockdown akan lebih buruk daripada Covid-19.

Brasil merupakan negara kedua tertinggi dalam jumlah kasus dan kematioan akibat virus corona, di bawah AS.

Korban meninggal di negara itu sudah menembus 120.000 orang hingga Senin. Kondisi di Brasil diperparah dengan konflik kebijakan antara Bolsonaro dengan menterinya terkait lockdown dan penggunaan obat. Dua menteri kesehatan Brasil mundur dan dipecat selama wabah berlangsung.

Editor : Anton Suhartono