Konvoi Tentara Myanmar Diserang Bom, Milisi Sipil Semakin Berani

Anton Suhartono · Senin, 20 September 2021 - 11:30:00 WIB
Konvoi Tentara Myanmar Diserang Bom, Milisi Sipil Semakin Berani
Tentara militer Myanmar di Yangon (Foto: Reuters)

YANGON, iNews.id - Konvoi militer Myanmar di dekat Kota Yangon dihantam bom pada Jumat pekan lalu. Bukan hanya itu terjadi baku tembak juga diserang dengan tembakan menyebabkan beberapa orang tewas dan luka.

Pelaku merupakan milisi sipil bersenjata yang menentang kudeta militer terhadap pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Febaruari lalu. Kelompok-kelompok ini dibentuk di setiap kota Myanmar yang kerap melakukan serangan gerilya terhadap militer pemerintah.

Berdasarkan keterangan militer junta Myamar, pasukan keamanan sedang melakukan perjalanan melalui Khayan, pinggiran Kota Yangon, pada Jumat lalu saat diserang menggunakan bom rakitan.

"Kedua kelompok saling menembak, seorang anggota pasukan keamanan terluka," bunyi pernyataan, seraya menambahkan senjata api dan amunisi para milisi disita setelah bentrokan itu, dikutip dari AFP, Senin (20/9/2021).

"Beberapa teroris (terbunuh), salah satunya terluka," kata mereka.

Laporan media lokal mengungkap dua anggota milisi tewas dan satu ditangkap.

Kelompok Pemerintah Persatuan Nasional, sebagian besar terdiri dari anggota parlemen yang berafiliasi dengan partai Suu Kyi yang digulingkan, menyerukan perang defensif rakyat serta mendesak warga sipil untuk menyerang aset pemerintahan junta.

Menara komunikasi Mytel milik pemerintahan militer juga menjadi sasaran di seluruh Myanmar.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: